KPU Palopo: RMB-ATK Pendaftar Pertama

  • Bagikan
LO pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo, Rahmat Masri Bandaso-Andi Tenri Karta (RahmAT), Asmal Kadir, saat menyerahkan surat pemberitaun jadwal pendaftaran ke KPU Palopo. (IsT)

FKJ-NUR dan Trisal-Ome Tanggal 29 Agustus

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), membuka pendaftaran pemilihan wali kota (Pilwalkot) Palopo pada 27-29 Agustus 2024. Hingga kini, sudah ada 3 bakal pasangan calon (bapaslon) wali kota dan wakil wali kota Palopo yang melakukan konfirmasi tanggal pendaftaran.

"Sudah tiga (bapaslon konfirmasi pendaftaran ke KPU). RMB-ATK tanggal 28 Agustus pukul 16.00 Wita. TT-Ome tanggal 29 Agustus pukul 15.00 Wita dan FKJ-Nur tanggal 29 Agustus pukul 16.00 Wita," kata Ketua KPU Palopo Irwandi Djumadin, Sabtu (24/8/2024).

Irwandi juga memastikan, pendaftaran Pilwalkot Palopo ini mengacu pada revisi PKPU nomor 8 tahun 2024 tentang Pencalonan Kepala Daerah yang mengakomodir putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Disebutkan Irwandi, salah satunya ialah terkait ambang batas partai politik (Parpol) agar bisa mengusung calon sendiri.

"Iya kita (KPU Palopo) membuka pendaftaran calon kepala daerah sudah mengacu pada revisi PKPU nomor 8 tahun 2024 tentang Pencalonan Kepala Daerah yang mengakomodir putusan MK ini, salah satunya menerapkan ambang batas parpol yang bisa mengusung calon sendiri ini," sebutnya.

Dijelaskan Irwandi, di Kota Palopo sendiri terdapat 130.107 daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 lalu. Sehingga Kota Palopo mengacu pada putusan MK yang menerapkan ambang batas 10% suara sah yang diperoleh parpol pada Pemilu 2024 lalu.

Terpisah, paslon bakal calon, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo, Rahmat Masri Bandaso - Andi Tenri Karta (RahmAT) telah  memastikan dirinya maju sebagai peserta Pilkada pada Pilwalkot 2024.

Bermodalkan partai Golkar (6 kursi) dan PKS (1 kursi) telah lebih memenuhi syarat mengusung pasangan calon (paslon).
Adapun, paslon RahmAT menyiapkan beberapa persiapan dalam mengarungi perhelatan Pilwalkot Palopo yakni, peresmian rumah besar di Kelurahan Binturu, pengukuhan tim pemenangan, deklarasi paslon bertempat di pelataran gedung Golkar, jalan Andi Djemma, hingga pendaftaran ke KPU pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Ketua tim pemenangan, RahmAT, Darsan Dappi mengungkapkan pelaksanaan dari sejumlah kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 10.00 Wita hingga sore hari.

"Pelaksanaannya di mulai peresmian rumah besar pukul 10.00 Wita, kemudian pengukuhan tim pemenangan dan deklarasi pukul 13.00 Wita dan pendaftaran paslon ke KPU pukul 16.00 Wita," kata Darsan dalam kegiatan rapat koordinasi di rumah besar pemenangan RahmAT, Kelurahan Binturu, Jumat malam, 23 Agustus 2024.

Darsan menambahkan, pelaksanaan dari beberapa kegiatan tersebut tentunya menegaskan dan memastikan paslon RahmAT maju dalam kontestasi Pilkada serentak 27 November 2024.
"Tim leasson office (LO) RahmAT juga sudah memberikan pemberitahuan secara tertulis ke KPU mengenai jadwal pendaftaran," katanya. (rul/idr)

  • Bagikan