Sambut Agatha Paskibraka Nasional Asal Toraja Utara, Ribuan Siswa Arak-arakan Keliling Kota Rantepao

  • Bagikan

Agatha Sapan Kallolangi bersama Wakil Kepala Sekolah,Guru dan rekannya Paskibra Tingkat Kabupaten Toraja Utara dan saat di arak keliling kota Rantepao. Senin,26 Agustus 2024. --albert tinus--

PALOPOPOS,FAJAR.CO.ID,RANTEPAO-Ribuan siswa-siswi SMA Negeri 2 Toraja Utara didampingi para Guru pawai arak-arakan, atas kepulangan Agatha Sapan Kallolangi perwakilan Pasukan Pengibar bendera pusaka di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur .

Arak-arakan tersebut menjadi sukacita bagi seluruh masyarakat Toraja Utara terkhusus siswa-siswi SMA Negeri 2 Toraja Utara, dimana saat ini sudah 79 tahun Kemerdekaan RI,namun baru pertama kalinya Kabupaten Toraja Utara menjadi perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan ketingkat Nasional.Sungguh menjadi suatu kebahagiaan dan kebanggaan.

Usai melaksanakan arak-arakan keliling kota Rantepao, Agatha kepada Palopopos,Senin ,26 Agustus 2024 katakan saya merasa bangga dapat mewakili Toraja Utara sekaligus perwakilan dari Provinsi Sulawesi Selatan dalam melaksanakan tugas sebagai pasukan pengibar bendera pusaka di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

"Terimakasih kepada teman-teman yang telah mendukung,Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP),Kesbangpol Toraja Utara atas bimbingannya selama ini .Saya juga berterimakasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Toraja Utara,Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atas dukungan dan bimbingannya", ungkapnya.

Selain itu, Agatha Sapan Kallolinggi juga berterimakasih kepada SMA Negeri 2 Toraja Utara tempatnya penempuh pendidikan,juga kepada para Guru,Pelatih,para Pembimbing dan rekan-rekannya.

"Saya berterimakasih kepada SMA Negeri 2 Toraja Utara,kepada para guru -guru , kakak-kakak pembimbing dan kakak-kakak pelatih atas bimbingannya.Saya merasa bangga karena telah mengukir sejarah sebagai pengibar bendera pusaka tahun 2024 pertama kali yang berasal dari Toraja Utara.Dan juga mengukir sejarah yang pertama kali pengibaran bendera pusaka di Ibu Kota Nusantara (IKN) , sangat bangga dan bangga sekali", ungkapnya.

Ditambahkan Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Toraja Utara bidang Humas Yohanis Palimbong katakan mewakili Bapak Kepala Sekolah dan para Guru ,staf dan anak-anak kami di sini ,bahwa hari ini melaksanakan arak-arakan untuk anak kami Agatha Sapan Kallolangi yang telah pulang dari Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur berhasil mengibarkan bendera pusaka sangsaka merah putih.

Ini sejarah yang pertama kalinya untuk Kabupaten Toraja Utara mewakili Sulawesi Selatan selama 79 tahun Indonesia merdeka.Dan hari ini yang pertama kalinya adalah Agatha Sapan Kallolangi dari Toraja Utara mewakili Sulawesi Selatan ke tingkat Nasional .

"Kami tentu bangga dihari Kemerdekaan yang ke 79 tahun ini ,ada anak kami Agatha yang berhasil mengibarkan bendera pusaka sangsaka merah putih di Ibu Kota Nusantara (IKN).Hal ini tentu tidak lepas dari bimbingan Bapak Kepala Sekolah ,Guru, Pegawai dan siswa -siswi disini sebuah dorongan kepada anak kami Agatha. Agatha adalah putri terbaik dari SMA Negeri 2 Toraja Utara bersama 19 rekannya juga berhasil pengibaran bendera merah putih tingkat Kabupaten", ungkap Yohanis Palimbong yang didampingi Yohanrs Lumu' Talantan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan dan para Guru.

Terkait Kiat-kiat untuk melahirkan calon Agatha kedepannya,Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Yohanis Palimbong katakan Kiat-kiat kedepannya untuk melahirkan Agatha berikutnya adalah disekolah kami ini ada kegiatan ekstrakurikuler dibimbing langsung mantan Paskibraka untuk membimbing adik-adiknya dibuktikan banyak adik-adiknya lolos di tingkat Kabupaten.

"Kedepannya tentu anak kami Agatha bersama rekannya akan membimbing adik-adiknya agar dapat mengikuti jejak mereka baik itu ditingkat Kabupaten,Provinsi dan Nasional.Dan mudah-mudahan,semoga tahun depan ada lagi yang mengikuti jejak Agatha mewakili ke tingkat Provinsi dan ke tingkat Nasional ", pungkasnya.

Diketahui kesusksesan siswanya tidak lepas dari Bimbingan dari Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Toraja Utara A.S.Parassa,didampingi Lima Wakil Kepala Sekolah ,diantaranya Yohanis Palimbong bidang Humas ,Yohanis Lumu' Talantan bidang Kesiswaan,Joni Mambela bidang Kurikulum ,Zeth Sarira bidang sarana prasarana,Yohanis Kondo bidang Admistrasi Kepegawaian,para Guru dan Pegawai.

Lokasi saat pawai arak-arakan,star dari sekolah SMA Negeri 2 Toraja Utara,menuju depan Gereja Toraja Jemaat Rantepao,putar balik arah ke alun-alun Rantepao,terus arah Tallunglipu lalu putar kanan arah pasar bolu tembus jalan Palopo,lalu lanjut arah ke kandian dulang Rantepao dan masuk kembali ke Sekolah.(Albert)

  • Bagikan

Exit mobile version