Pengantar Paslon Dibatasi Hanya 40 Orang Masuk ke Media Center

  • Bagikan
RAKOR. Komisioner KPU Palopo melakukan rakor persiapan pendaftaran cawalkot dan cawawalkot serta pengisian Silon bersama pihak LO paslon, Polres Palopo, Kodim 1403 Palopo, Bawaslu Palopo, Kejari, dan Kesbangpol, Senin 26 Agustus 2024, kemarin, di Kantor KPU, Jl. Pemuda, Kelurahan Takkalala. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

100 Orang di Halaman, Relawan Diminta di Posko Pemenangan Saja

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo mulai membuka pendaftaran pasangan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota, Selasa 27 Agustus, hari ini. Hanya saja, pengantar paslon dibatasi 40 orang yang boleh masuk ke dalam ruang utama media center KPU dan 100 orang di halaman KPU.

Hal tersebut diputuskan dalam rapat koordinasi persiapan pendaftaran calon wali kota dan calon wakil wali kota dan pengisian Silon oleh KPU Palopo bersama pihak LO paslon, Polres Palopo, Kodim 1403 Palopo, Bawaslu Palopo, Kejari Palopo, dan Kesbangpol, Senin 26 Agustus 2024, kemarin, di Kantor KPU, Jl. Pemuda, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan.

Rakor dipimpin Komisioner KPU Palopo, Muhatzhir Muhammad Hamid yang dihadiri Komisioner KPU lainnya ada Ketua Irwandi Djumadin, Abbas Djohan, Iswandi Ismail, dan Hary Zulficar.
Rakor dimulai pukul 10.30 Wita, lalu diskor saat jelang pukul 12.00 Wita, dan kembali dilanjutkan pukul 13.20 Wita sampai selesai.

Dalam rakor tersebut meskipun sempat diwarnai dengan silang pendapat sampai membuat suasana sedikit menghangat, lantaran adanya nada-nada tinggi, tetapi akhirnya rakor ditutup dengan senyum puas antar sesama LO paslon. Pada rakor tersebut, Kasat Intelkam Polres Palopo, Iptu Idul menjelaskan, sesuai hasil dalam forum rakor, pihak Polres Palopo siap mengamankan jalannya pendaftaran paslon calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Palopo. Dimana, nantinya akan dilakukan sejumlah penempatan personel kepolisian.

Yakni, di pertigaan Jl. Jendral Sudirman dengan Jl. Pemuda, dan halaman depan Kantor KPU. "Jadi nantinya para simpatisan pendukung yang ingin mengantar paslonnya selain dari 140 orang yang diperbolehkan masuk ke dalam kantor KPU, itu akan kami cegat. Jadi kami harap Tim LO masing-masing paslon sudah mengimbaukan ke para pendukungnya untuk memantau dari Posko Induk Pemenangan saja," kata Kasat Intelkam yang hadir mewakili Kapolres Palopo AKBP Safi'i Nafsikin.
Lanjut Kasat Intelkam, yang masuk ke dalam lingkungan KPU 140 orang inipun juga harus mempunyai id card resmi dari kantor KPU. "Kalau tidak punya id card dari KPU, mohon maaf saja akan kami tertibkan," tegas Kasat Intelkam.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gesekan antara sesama pendukung palson, utamanya di tanggal 29 Agustus, di hari terakhir pendaftaran lantaran pada hari terakhir itu rencananya akan ada tiga paslon yang mendaftar. Yakni paslon PD-HB, Trisal-Ome, dan FKJ-Nur. Sedangkan paslon RMB-ATK akan mendaftar pada Rabu 28 Agustus 2024.

Ditambahkan pula Kasdim 1403 Palopo, Mayor Arm Syafaruddin pihaknya juga menempatkan sejumlah personel TNI untuk mengawal keamanan KPU Palopo. Ia pun mengimbau para Tim LO untuk betul-betul menyampaikan hasil rakor kepada simpatisan dan relawan yang berniat untuk mengantar calonnya ke KPU agar memantau dari Posko Induk Pemenangan saja. Jika nekat menerobos masuk ke dalam Jl. Pemuda akan diarahkan kembali.
Sementara itu, Komisioner KPU Palopo, Muhatzhir Muhammad Hamid yang memimpin rakor menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah rangkaian acara penyambutan paslon.

Dimana saat memasuki pintu gerbang KPU akan disambut dengan tarian Paduppa oleh tim tari yang sudah disiapkan KPU Palopo. Selanjutnya, paslon akan diberi pengalungan rangkaian bunga, lalu masuk ke pintu kantor KPU sambil menandatangani buku registrasi, dan masuk ke dalam ruang utama Media Center.

"Jadi yang masuk ke dalam hanya 40 orang di luar paslon, sedangkan 100 orang lainnya menunggu di halaman kantor KPU yang sudah disiapkan kursi," jelas Muhatzhir.
Ia juga menyampaikan kepada TimLO paslon yang hadir, kalau id card pengantar yang berjumlah 140 orang itu akan diantarkan selambat-lambatnya 1 jam sebelum kedatangan ke kantor KPU bersama daftar absen nama-nama 40 orang yang masuk ke dalam Media Center.

Pada saat di Media Center nantinya sejumlah berkas yang diserahkan paslon di antaranya SK bukti dukungan dari DPP partai politik, SK DPC,dan model pencalonan, yang kemudian akan diinput ke dalam Silon terdiri 3 akun, yakni akun KPU, akun partai, dan akun paslon.
Kemudian setelah selesai paslon dipersilahkan keluar dan memberikan jumpa pers kepada awak media di halaman KPU yang sudah disiapkan stand-nya. (idr)

  • Bagikan

Exit mobile version