Kadir Halid Diusulkan Jadi Pimpinan DPRD Sulsel Pengganti Appi

  • Bagikan
Kader Golkar Sulsel

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Salah satu kader terbaik Partai Golkar, Kadir Halid, diusulkan jadi pimpinan DPRD Sulsel.

Kini, DPD Partai Golkar Sulsel siap mengusulkan dan mengirimkan 4 nama calon pimpinan DPRD Sulsel periode 2024-2029.

Mereka adalah Ketua Fraksi Partai Golkar Rahman Pina, Anggota DPRD Sulsel Sofyan Syam, Anggota DPRD Sulsel Ayu Indira, dan Kadir Halid.

Hal tersebut dibahas dalam rapat pleno pengurus di Kantor DPD Golkar Sulsel, Selasa, (27/8/2024).

Dalam rapat itu dibahas pengusulan nama calon pimpinan DPRD Sulsel 2024-2029. Dari 14 kader Golkar yang terpilih, DPD Golkar akan mengirim empat nama calon pimpinan DPRD Sulsel.

Sekretaris DPD I Golkar Sulsel Andi Marzuki Wadeng selaku pimpinan rapat menyampaikan, pengusulan ini tidak terlepas dari pengalaman keempat nama itu.

Sedangkan pengusulan figur perempuan kata dia juga wajib. Apalagi yang menjabat sebagai Ketua DPRD Sulsel saat ini merupakan perempuan dari Golkar.

“Apalagi kan dalam UU mengatakan paling tidak 30 persen keterlibatan perempuan dalam setiap event. Itulah pertimbangannya. Kriterianya berlaku untuk semua, tidak ada perbedaan perempuan dan laki-laki, sama semuanya, yaitu riwayat kepengurusan di partai, riwayat kepengurusan di fraksi, bukan AKD, tingkat pendidikan, PDDLT, semuanya memenuhi syarat untuk itu,” kata Andi Marzuki, seperti dilansir fajar (grup palopopos).

Pada Pileg 2024 lalu, 14 nama caleg Golkar yang terpilih Munafri Arifuddin (29.802), Rahman Pina (24.301), Lukman B Kady (27.854), Maryani Ali (24.871), A. Ayu Andira (22.913), Sofyan Syam (30.692), dan Patarai Amir (25.713).

Lalu, Andi Izman Maulana Padjalangi (14.043), Andi Muhammad Ikram (50.297), Zulkifli Zain (29.995), Fhireno Sakti Bassang (45.138), Yariana Somalinggi (40.857), Jasrum (24.200) dan Marthen Rantetondok (19.868).

Namun karena, Munafri Arifuddin mengundurkan diri untuk maju Pilwalkot Makassar, maka digantikan oleh Kadir Halid.

Ditanya soal nama Zulkifli Zain, Andi Marzuki menyebut bahwa kemungkinan tidak bersedia karena tak datang rapat.

“Mungkin tidak bersedia, karena diundang tidak datang,” tambahnya.

Namun kata dia, keputusan akhir untuk Calon Pimpinan DPRD Sulsel dari Golkar ada di DPP Partai Golkar berdasarkan pertimbangan yang dikirimkan DPD.

“Pada akhirnya nanti yang menentukan DPP, itu cuma satu, berdasarkan pertimbangan yang kami kirimkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Rahman Pina menyampaikan ucapan terima kasihnya karena namanya masuk dalam daftar calon pimpinan.

“Kita berterima kasih, siap laksanakan,” kata Rahman Pina singkat.

Berdasarkan hasil Pileg 2024, NasDem (17 kursi) sebagai pemenang akan menduduki kursi Ketua DPRD Sulsel.

Kemudian, untuk kursi Wakil Ketua DPRD Sulsel akan diisi oleh Golkar (14 kursi), Gerindra (13 kursi), PPP (8 kursi), dan PKB (8 kursi). (fajar/pp)

  • Bagikan

Exit mobile version