Meski Mayoritas Berawan, Namun BMKG Prediksi Sejumlah Daerah Ini Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir, Bagaimana di Tana Luwu?

  • Bagikan
Ilustrasi pejalan kaki melintas di bawah guyuran hujan lebat. (DeryRidwansah/JawaPos.com)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)mengeluarkan peringatan dini berupa potensi cuaca berawan, hujan ringan, sedang, hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di berbagai kota besar di Indonesia pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Khusus di Tana Luwu, BMKG lewat lamannya BMKG.GO.ID, memperkirakan cuaca mayoritas berawan. Seperti di Kota Palopo dan Kabupaten Luwu. Dua daerah ini, siang hari berawan. Malam hari berawan tebal. Tapi, tidak ada hujan ringan. Hanya saja di Luwu, kecepatan angin mencapai 27 km/jam.

Beda di Luwu Timur. Pagi hari sampai siang kondisi cuaca berawan tebal. Tapi, pukul 16.00 Wita akan terjadi hujan ringan. Begitu juga pada pukul 21.00 Wita. Pada pukul 22.00 Wita, kembali akan berawan tebal. Kecepatan angin 0 km/jam

Di Luwu Utara suasana pada pagi hari sampai 13.00 Wita berawan. Pada pukul 14.00 Wita akan terjadi hujan ringan. Begitu juga pada pukul 19.00 Wita. Setelah itu, akan berawan kembali.

KONDISI KOTA BESAR
Masih dikutip dari laman resmi BMKG di Jakarta, Prakirawan Sekar Anggraeni menerangkan secara umum angin di wilayah Indonesia didominasi dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 km/j .

Oleh karena itu pihaknya memprakirakan beberapa kota besar akan berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yakni Jambi, Tanjung Selor, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Mamuju, Manado, Ternate, Sorong, Jayawijaya, Nabire.

Sementara itu BMKG memprakirakan beberapa kota besar lainnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang yaitu Tanjung Pinang, Palembang, Pangkal Pinang, Samarinda, Gorontalo, Palu, Ambon, Jayapura.

Beberapa kota besar diprakirakan hanya akan mengalami kondisi berawan pada hari ini, meliputi Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Lampung, Bengkulu, Serang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Kupang, Mataram, Makassar, Kendari, Manokwari, Merauke.

Adapun untuk prakiraan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia, BMKG memprakirakan umumnya berada di kisaran 0,5 hingga 2,5 meter. BMKG juga memberikan himbauan waspada banjir rob di pesisir Kepulauan Riau dan pesisir Jawa Tengah.

Selain itu pihaknya juga mewaspadai adanya wilayah yang berpotensi sangat mudah terbakar di wilayah Sumatera bagian Selatan, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Timur, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan di sebagian kecil Papua bagian selatan. (fajar/pp/uce)

  • Bagikan

Exit mobile version