Rektor UMB: Selamat Datang 2.656 Mahasiswa Baru di Universitas Mega Buana

  • Bagikan

Pj. Wali Kota Palopo Asrul Sani, S.H., M.Si saat memberikan sambutan pada penerimaan mahasiswa baru UMB Palopo. --hms--

Wali Kota Sebut Luar Biasa, Kepala LLDIKTI: Anda Tidak Salah Pilih

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Prof. Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes, CIPA menyampaikan kepercayaan masyarakat meningkat di tahun 2024. Hal itu ditandai dengan peningkatan jumlah Pendaftar dibandingkan tahun sebelumnya. mengalami kenaikan 100% dimana ber jumlah sebanyak 4.038 orang.

"Mengawali sambutan ini dengan rasa syukur penuh kebahagiaan, kami mengucapkan selamat datang kepada 2.656 Mahasiswa Baru Program Sarjana dan Profesi Universitas Mega Buana Tahun Akademik 2024/2025, Selamat datang di kampus merah biru,"ucapnya disambut meriah.

Rektor juga dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan PKKMB yang dilakukan secara hybrid ini di ikuti oleh Mahasiswa baru Program Sarjana dan Program Profesi kelas reguler, dari 11 (sebelas) Program Studi. Selain itu menjadi sejarah bagi Universitas Mega Buana Palopo, dimana pertama kalinya PKKMB di ikuti oleh Mahasiswa baru Program studi S1 Kedokteran yang berjumlah 50 orang.

"Kami sampaikan bahwa kegiatan PKKMB ini adalah periode 1, dimana periode kedua nantinya akan diikuti oleh mahasiswa baru Program sarjana dan Profesi kelas RPL serta Program Magister. Saat ini UMB masih membuka pendaftaran mahasiswa baru program lanjutan/kelas karyawan/program RPL hingga bulan September mendatang. Sampai saat ini proses pendaftaran masih kami buka,"ucapnya.

Rektor, dengan capaian ini menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pihak, yakni pemerintah, mitra UMB Palopo dan seluruh masyarakat atas kepercayaannya kepada Universitas Mega Buana Palopo.

Prof Nila, sapaan Rektor UMB Palopo di kesempatan ini juga menyampaikan di usia 15 tahun ini telah mendapatkan sejumlah prestasi baik di tingkatan mahasiswa, alumni dan dosen.

"Seperti baru-baru ini di peringatan hari Kemerdekaan RI Yayasan Pendidikan Mega Buana meraih 4 (empat) penghargaan LLDikti IX Award, ini menjadi kesyukuran dan penyemangat bagi kami,"ucapnya.

Diketahui PKKMB Tahun2024 ini mengusung tema "Gen UMB Palopo Unggul Untuk Indonesia Maju" yang tentunya menjadi penyemangat dalam upaya Universitas Mega Buana Palopo menuju perguruan tinggi yang unggul dan menghasilkan kualitas lulusan yang siap berdaya saing.

Pada kegiatan ini, hadir dalam kegiatan ini yakni PJ. Walikota Asrul Sani, S.H., M.Si, serta Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi yakni Dr Drs Andi Lukman, M.Si. Turut pula hadir sebagai narasumber yakni Kajari Palopo Ikeu Bachtiar, S. H., M. H, Kepala BNN Palopo, AKBP Herman, S.Pd M.H, IPTU Nurdin, S.H.,M.H. Kepala Seksi Hukum (KASIKUM) Polres Palopo (Mewakili Kapolres) serta Kasdim 1403 Palopo, Mayor Arm Syafaruddin mewakili Dandim 1403 Palopo Menyampaikan sejumlah materi mengenai wawasan kebangsaan, anti korupsi, bahaya dan pencegahan penyalahgunaan narkoba, terorisme, dan radikalisme serta memberikan motivasi kepada para mahasiswa baru.

PJ. Walikota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si dikesempatan ini memuji perkembangan UMB Palopo yang sangat cepat, itu setelah mengetahui perkembangan UMB Palopo melalui video transformasi.

Menurutnya perguruan tinggi ini luar biasa, sebab hanya dimulai dengan bimbingan belajar. "Tadi sudah kita lihat bersama sama videonya, luar biasa saya kira transformasinya cepat sekali diawali di tahun 2008 hanya sebuah tempat kursus, sekarang sudah bertransformasi menjadi Universitas, yang sangat luar biasa bukan hanya di Sulsel, mungkin di Indonesia menjadi salah satu Universitas yang patut untuk diperhitungkan," ungkapnya.

Menurutnya perguruan tinggi yang identik dengan simbol merah biru ini sudah setara dengan perguruan tinggi luar. Tak sampai disitu saja pujian ia lontarkan, UMB Palopo kata Asrul Sani selalu luar biasa, mengahdirkan euforia dan semangat. "Luar biasa, UMB Palopo ini selalu menghadirkan semangat,"katanya sambil mengapresiasi pelaksanaan PKKMB yang berlangsung meriah dan penuh semangat. Asrul Sani juga kembali mengajak UMB Palopo untuk turut andil dalam pelaksanaan pembangunan di Kota ini dari berbagai dimensi pembangunan. Seperti kesehatan, kewirausahaan.

Sementara itu Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi Dr, Drs Andi Lukman, M.Si menyampaikan keyakinannya kepada mahasiswa yang memilih UMB Palopo sebagai tempat kuliah. Bahkan ia menyebutkan bahwa mahasiswa baru ini tidak salah memilih Universitas Mega Buana Palopo.

Ia mengisyaratkan UMB Palopo adalah salah satu perguruan tinggi yang hebat yang ada di wilayah LLDIKTI IX. "Anda tidak salah pilih untuk bergabung di Universitas Mega Buana Palopo ini," ucap Dr, Drs Andi Lukman, M.Si kepada para mahasiswa baru.

Menurutnya, UMB Palopo, singkatan dari kampus ini adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di wilayah LLDIKTI Wilayah IX, "bayangkan, UMB ini baru 15 tahun sudah luar biasa, transformasinya ini cepat, akselerasinya juga cepat. Saya kira memang tahun ini tahun paripurna bagi UMB Palopo, ada Diplomanya, S1, ada S2 dan akan ada S3 nya yang akan divisitasi. Kalau tahun ini sudah sejajar berarti sudah sejajar dengan perguruan tinggi terbaik di Indonesia,"ucapnya. Karena itu ia merasa yakin dengan semangat yang ada untuk memilih bergabung dengan UMB Palopo bisa menghantarkan adik-adik kita menggapai mimpinya,"ucapnya.

Dr Andi Lukman yang juga turut memaparkan materi PKKMB di UMB Palopo berpesan kepada mahasiswa baru agar menguasai sejumlah hal untuk menjadi mahasiswa yang ideal. Diantaranya kemampuan akademik, keterampilan tekhnologi, dapat berkompetisi dan kreatif, melakukan keterampilan komunikasi yang baik, karakter kepemimpinan dan inisiatif, kesadaran sosial dan lingkungan hidup, fleksibilitas, dan keseimbangan hidup serta komitmen belajar sepanjang hidup.

Kegiatan ini berlangsung dengan semarak lantaran selain pemaparan materi, juga dilakukan games, hadiah, dan bertabur beasiswa bagi mahasiswa baru.

Pada kesempatan PKKMB ini UMB Palopo mulai memperkenalkan Gen-UMB sebagai salah satu komunitas bagi Civitas Akademika yakni mahasiswa dan calon mahasiswa UMB Palopo ke depan.(*/Uce)

  • Bagikan

Exit mobile version