Coffee Morning Bareng Sahabat JFK, Irjen Pol (P) Drs Frederik Kalalembang Sebut Palopo jadi Pusat Perekonomian Luwu Raya-Toraja, Sudah Saatnya PTR Dimaksimalkan

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Kehadiran Anggota DPR RI Terpilih Periode 2024-2029 dari Partai Demokrat, Irjen Pol (P) Drs. Frederik Kalalembang selalu menjadi daya tarik bagi masyarakat, dan penyemangat bagi para Sahabat JFK, terkhusus menyongsong Pilwalkot Palopo yang sebentar lagi digelar.

Pada kesempatan coffee morning bersama Sahabat JFK di Warkop Dinasti, Sabtu pagi 31 Agustus 2024, JFK datang bersama istri tercinta Apriana Christine Tangyong, nampak berbaur tak ada sekat, sambil bercerita lepas dan santai dengan Sahabat JFK dari pelbagai kalangan. Suasana cair dan kekeluargaan sangat kental di momen tersebut, apalagi ditambah sesekali menyeruput secangkir kopi ginseng dan telur ayam kampung setengah matang semakin memberikan nuansa kedamaian.

Pada kesempatan itu, banyak hal yang dibicarakan JFK terkhusus bagaimana Kota Palopo ke depannya.

JFK yang juga Mantan Deputi Kebijakan Badan Keamanan Laut RI ini, menyebut jika Kota Palopo sangat potensial untuk berkembang, laykanya seperti Kota Batam. Hal itu dapat dilihat dari keberadaan Pelabuhan Tanjung Ringgit (PTR) yang sangat prospek sebagai penggerak roda perekonomian di Luwu Raya dan Toraja.

"Maksimalkan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Ringgit (PTR), barang-barang dari luar negeri seperti dari China bisa langsung dibongkar di sana. Tentunya akan menghemat biaya. Maka itu akan sangat memberikan dampak perekonomian di Kota Palopo dan sekitarnya. Tidak lagi harus melalui Pelabuhan di Makassar. Komoditi dai Luwu Raya juga bisa langsung diekspor melalui pelabuhan Palopo ini," sebut JFK dengan nada semangat.

Palopo adalah sentral. Sektor pendapatannya hanya dari barang dan jasa. Palopo bisa maju seperti Kota Batam yang pelabuhannya aktif.

Dengan momen Pilwalkot Palopo, JFK memandang salah satu figur calon pemimpin Kota Palopo yang punya capable atau kemampuan, jaringan untuk perdagangan antar negara melalui kapal laut ya hanya pasangan Trisal Tahir dan Akhmad Syarifuddin.

Siapa yang tidak tahu Trisal Tahir punya jaringan luas bisnis antarnegara. Ia punya banyak usaha perkapalan. Ditambah lagi Capt. Unru Baso di belakangnya yang juga Kapten Kapal yang mempunyai bisnis bangker di Jakarta sekaligus juga Anggota DPR RI Terpilih dari Gerindra, punya jaringan perdagangan luar negeri.

Pak Trisal ini punya manajemen perkapalan yang bagus. Jaringan kuat mancanegara. Ditambah dukungan dari kami (JFK dan Ubas) dari Senayan, semakin banyak anggaran pusat yang bisa dibawa masuk ke Palopo dan Dapil Sulsel 3 pada umumnya. Sebab, jika hanya mengandalkan APBD akan sangat kewalahan melakukan pembangunan.

Sementara itu, Calon Wali Kota Palopo, Trisal Tahir mengatakan saat ini juga terbuka untuk Jepang dimana saat ini sudah dijalankan bisnis dengan ketersediaan Kostorit pendingin Ikan Bandeng untuk diekspor ke Jepang dengan usia panen hanya 3 bulan dengan harga yang cukup menjanjikan dan usaha itu sudah dijalankan oleh Trisal Calon Walikota Palopo, hanya saja pengirimannya masih melalui Pelabuhan Makassar. "Insya Allah ke depan bisa langsung dari Pelabuhan Palopo ke Jepang," demikian Trisal melalui Telepon Sellulernya

Untuk itulah, JFK pun sangat optimis di bawah kepemimpinan Trisal-Akhmad maka Palopo semakin berkembang dan jadi pusat perekonomian baru di Sulsel.
(idr)

  • Bagikan