Kades Muktijaya Fasilitasi Warga Ubah Alamat KTP

  • Bagikan
Kepala Disdukcapil Luwu Utara, Kasrum saat menyerahkan KTP kepada Kades Muktijaya sebanyak 190 keping dan KTP siswa SMA 7 sebanyak 61 keping, di Desa Muktijaya, Baebunta Selatan. --junaidi rasyid--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BAEBUNTA SELATAN -- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Muhammad Kasrum, memuji langkah yang diambil Kepala Desa Muktijaya Kecamatan Baebunta Selatan yang memfasilitasi warganya untuk mengurus dan mengubah alamat KTP, utamanya warga yang di dalam KTP-nya masih tercantum alamat lama.
Mengingat Baebunta Selatan adalah kecamatan pecahan dari Kecamatan Baebunta. Sehingga masih banyak warga desa Muktijaya yang memiliki KTP beralamat Kecamatan Baebunta. Inisiasi Kades Muktijaya, Muhammad Yusuf, ini mendapat apresiasi dari Kepala Disdukcapil.

“Saya salut dengan Kades Muktijaya yang memfasilitasi warganya mengurus KTP dan mengubah alamat Baebunta menjadi Baebunta Selatan,” kata Kasrum saat menyerahkan KTP kepada Kades Muktijaya sebanyak 190 keping dan KTP siswa SMA 7 sebanyak 61 keping, di Desa Muktijaya, Baebunta Selatan, Kamis 29 Agustus 2024.

Kasrum berharap, apa yang dilakukan Kades Muktijaya dapat diikuti oleh kades-kades lainnya, khususnya kades yang berdomisili di wilayah-wilayah hasil pemekaran, seperti Sukamaju menjadi Sukamaju Selatan, Sabbang – Sabbang Selatan, dan Baebunta – Baebunta Selatan.

“Saya berharap semua kades, khususnya hasil pemekaran, bisa melakukan apa yang dilakukan Kades Muktijaya. Sekali lagi, pak desa ini luar biasa sekali kepeduliannya,” puji Kasrum lagi. Saat ini, kata dia, sudah tercetak 200 keping KTP di desa Muktijaya, tetapi ada 10 keping yang masih bermasalah. “Insya Allah, secara bertahap akan difasilitasi,” jelasnya.

Dengan kepedulian yang ditunjukkan Kades Muktijaya tersebut, Kasrum akan menjadikan Desa Muktijaya sebagai Desa Percontohan Tertib Administrasi Kependudukan (adminduk) di Luwu Utara. “Ya, akan kita jadikan desa percontohan tertib adminduk. Sekarang saja, semua KK diganti dan diuruskan akta kelahirannya,” ungkap dia.

“Luar biasa sekali ini pak desa Muktijaya. Betul-betul warganya dijadikan raja. Semua dokumen kepedudukan warga ia fasilitasi,” sambung mantan Kepala DP2KUKM ini. Pujian Kasrum rupanya tidak sepihak, karena warga lain pun juga ikut memuji Kades Muktijaya.

Salah satunya adalah Palgiman. “Pak Desa luar biasa bagusnya, membantu kami untuk mengganti KTP dan KK,” ucap warga Muktijaya ini. Hal senada juga disampaikan Poniatun, warga Muktijaya lainnya. “Sangat bagus karena kami tidak repot lagi ke kabupaten,” ucap Poniatun.

Selain Kades, warga Muktijaya juga memuji langkah Kadis Dukcapil yang mengimplementasikan program jemput bola alias jebol, sehingga warga mendapatkan kemudahan demi kemudahan. “Kami puas karena tidak ada pengeluaran biaya alias gratis,” ucap Hartati Husaini.

Begitu juga dengan Amelia Pebrianti. Siswi SMA Negeri 7 ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kadis Dukcapil, Muhammad Kasrum. “Terima kasih banyak, pak Kadis, karena mau membawakan KTP kami, sehingga kami tak perlu lagi ke Masamba,” katanya.(junaidi rasyid)

  • Bagikan

Exit mobile version