Akademi Maritim Palopo Gelar Wisuda dan Pelantikan Perwira ANT-III

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Akademi Maritim (AMI) Palopo melaksanakan Wisuda dan Pelantikan Perwira Ahli Nautika Tingkat III (ANT-III) Angkatan I di Aula Ratona Kantor Wali Kota Palopo, Sabtu, 31 Agustus 2024. Kegiatan ini dirangkaian dengan penyerahan bentuk AMI menjadi Politeknik Palopo.

Perwira ANT-III AMI Palopo yang diwisuda/dilantik, hampir semua sudah bekerja dengan gaji di atas Upah Minimum Regional (UMR).

Hal tersebut diungkapkan Direktur AMI Palopo, H Kemal Eden Abubakar Malinta yang ditemui Palopo Pos sesaat setelah acara pelantikan selesai. Hal yang sama disampaikan pula Kepala LLDIKTI IX Sultan Batara diwakili Dr H Lusman saat menyampaikan sambutan.

DILANTIK

Sebanyak 18 taruna angkatan I dan II yang telah menyelesaikan pendidikan di AMI Palopo, dilantik oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kemenhub, Capt Henri Ginting MM diwakili oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Lelas II Palopo, Andi Tenrisau ST MT.

Selanjutnya, dilakukan wisuda yang ditandai dengan pengalungan medali oleh Direktur AMI Palopo H Kemal Eden dan penyerahan ijazah. Setelah itu, dilakukan pemasangan tanda pangkat oleh Andi Tenrisau kepada perwakilan laki-laki dan perempuan wisudawan. Kemudian masing-masing orang tua memasangkan tanda pangkat kepada anaknya yang telah menjadi perwira.

Setelah diwisuda dan dilantik, lulusan AMI Palopo mendapat gelar akademik Ahli Madya Transportasi Ahli Nautika Tingkat III (AMd.Tran.ANT.III).

Setelah prosesi pelantikan selesai, dilanjutkan dengan penyerahan SK Perubahan Bentuk AMI Palopo menjadi Politeknik Palopo oleh Kepala LLDIKTI IX Sultan Batara, Dr Andi Lukman MSi (diwakili), Dr H Lusman.

Dengan perubahan bentuk, Politeknik Palopo memiliki dua tambahan Program Studi (Prodi) baru yakni D4 Akuntansi Perpajakan dan D4 Perhotelan Kapal Pesiar, disamping Prodi Nautika Kapal Niaga yang sudah ada sebelumnya.

Dalam amanatnya, Andi Tenrisau menyampaikan, keberadaan AMI Palopo dan perwira ANT-III yang baru dilantik, dapat menjadi kebanggaan Kota Palopo. Karena inilah perwira ANT-III pertama yang lahir di Palopo.

Ia berharap, lulusan AMI Palopo dapat menjadi SDM handal di dunia kemaritiman nusantara, bahkan internasional.



Sementara Kemal Eden dalam sambutannya, menitipkan dua pesan kepada wisudawan AMI Palopo. Pertama, jangan lupa pasa orang tua kalau sudah berhasil. Gaji pertamanya, buat orang tua senyaman mungkin. ''Karena doa ibu kalian menembus langit,'' ucapnya.

Kedua, lanjut H Eden, jaga solidaritas almamater. Kalian haru mencitai almamater. Karena kalian angkatan pertama dan kedua, ingat solidaritas kepada junior.

''Di sini (AMI Palopo) kalian pertama kali ditempa untuk menjadi perwira pelaut. Kalau sudah sukses, kembalilah memakmurkan AMI Palopo. Selamat buat kalian 18 orang sudah jadi,'' ucapnya.

Selanjutnya, Asisten II Pemkot Palopo Ilham Hamid dan Kepala LLDIKTI IX Sultan Batara, Dr Andi Lukman MSi diwakili Dr H Lusman secara berurutan menyampaikan sambutan. (ikh)

  • Bagikan

Exit mobile version