Daun Jeruk Nipis Ternyata Manfaatnya Dahsyat Lho, Berikut 6 Khasiat dan Cara Mengonsumsinya

  • Bagikan
ilustrasi daun jeruk--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan daun jeruk nipis. Ternyata, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari membersihkan darah hingga meredakan stres. Meski begitu, daun jeruk nipis perlu diolah dan dikonsumsi dengan cara yang tepat dan aman agar manfaatnya bisa diperoleh secara optimal.

Jeruk nipis adalah buah yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis, termasuk Indonesia. Tidak hanya buahnya, daun jeruk nipis juga dikenal bermanfaat untuk kesehatan dan sudah lama digunakan sebagai obat tradisional.

Dalam pengobatan tradisional, daun jeruk nipis biasanya diolah menjadi berbagai minuman herbal, seperti teh dan jamu. Selain itu, daun ini juga dapat diolah menjadi suplemen untuk mengatasi kondisi medis tertentu.

Daun Jeruk Nipis dan Manfaatnya

Menurut dr. Robby Firmansyah Murzen, seperti dilansir laman alodokter, Selasa, 2 September 2024, manfaat daun jeruk nipis diperoleh dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, seperti vitamin C, flavonoid, saponin, dan limonoida.

Berkat kandungannya tersebut, daun ini dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah manfaat daun jeruk nipis bagi kesehatan:

  1. Membersihkan darah

Daun jeruk nipis diketahui bermanfaat untuk membersihkan darah. Manfaat ini berasal dari antioksidan dan senyawa di dalamnya yang bersifat detoks atau mampu menghilangkan racun dalam darah.

Selain itu, kandungan minyak atsiri yang diekstrak dari daun jeruk nipis juga bisa menghambat pertumbuhan sel yang tidak normal melalui darah.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Berkat sifat antibakteri di dalamnya, daun jeruk nipis bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut. Bahkan, obat kumur yang mengandung ekstrak daun jeruk nipis dinilai baik untuk kesehatan mulut dan mampu mencegah gingivitis.

Selain itu, kandungan vitamin C pada daun jeruk nipis juga dinilai bermanfaat untuk mengatasi sariawan.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan senyawa flavonoid di dalam daun jeruk nipis diketahui dapat menjaga kesehatan pencernaan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa sifat antioksidan pada flavonoid memberikan efek antiradang, sehingga baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mengatasi masalah pencernaan, seperti radang usus dan diare.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Berbagai kandungan senyawa pada daun jeruk nipis diketahui bermanfaat untuk kesehatan kulit. Berkat sifat antioksidannya, daun jeruk nipis mampu melindungi kulit dari sinar UV dan radikal bebas.

Selain itu, kandungan vitamin C pada daun jeruk nipis juga bermanfaat untuk memproduksi kolagen, yaitu protein yang berperan dalam menjaga kulit tetap kenyal dan elastis. Dengan begitu, daun jeruk nipis dapat menjaga kesehatan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

  1. Menurunkan stres dan gelisah

Aroma daun jeruk nipis dinilai dapat memberikan sensasi yang menenangkan bagi pikiran dan tubuh sehingga mampu menghilangkan stres. Untuk mengambil manfaat ini, Anda bisa menghirup aromaterapi yang mengandung ekstrak daun jeruk nipis atau menghirup daunnya secara langsung.

Manfaat ini dapat diperoleh karena aroma daun jeruk nipis dapat mengaktifkan reseptor bau di hidung sebelum akhirnya dikirimkan ke otak. Nantinya, aroma ini dapat mengaktifkan area tertentu di otak yang berperan memberikan rasa tenang.

  1. Mencegah kanker

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa senyawa aktif pada daun jeruk nipis dapat melawan sel-sel kanker, khususnya kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat.

Selain itu, kandungan flavonoid pada daun jeruk nipis mampu menghambat pertumbuhan tumor dan menekan pertumbuhan sel kanker darah putih pada leukemia.

Daun Jeruk Nipis dan Cara Mengonsumsinya

Untuk mengambil manfaat daun jeruk nipis secara optimal, Anda perlu mengolahnya dengan cara yang aman dan tepat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi daun jeruk nipis, yaitu

Merebus beberapa lembar daun jeruk nipis selama 10–15 menit dan minum air rebusan tersebut.
Mencampur beberapa lembar daun jeruk nipis ke dalam teh Mencampur daun jeruk nipis ke dalam masakan sebagai penyedap rasa.

Itulah berbagai manfaat daun jeruk nipis dan cara mengonsumisnya yang aman untuk kesehatan. Meski begitu, perlu diketahui bahwa sebagian manfaat tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanannya. (ald/pp/uce)

  • Bagikan