Pimpinan Daerah se Tana Luwu Apresiasi Malam Academic Award IAIN Palopo

  • Bagikan

*Siap Berkolaborasi untuk Alih Status Universitas Islam Negeri

PALOPO--Event Academic Award IAIN Palopo yang digelar di Auditorium Phinisi IAIN Palopo, Senin Malam 2 September 2024 berjalan dengan sukses.

Tidak tanggung-tanggung, acara itu dihadiri langsung pimpinan daerah se Tana Luwu, PJ Walikota Palopo, Asrul Sani, SH, M.Si, Pj Bupati Luwu, Drs Muh Saleh, M.Si. Sementara itu Bupati Lutra diwakili PJ Sekda, Ir Baharuddin Nurdin, MM dan Bupati Lutim diwakili Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, Drs Andi Juanna serta pimpinan dan keluarga besar IAIN Palopo.

Malam Academic Award IAIN sendiri merupakan bentuk apresiasi terhadap mitra dan segenap institusi yang selama ini berkontribusi dalam memajukan IAIN Palopo. Termasuk alih status Universitas Islam Negeri (UIN) yang rencananya akan diteken oleh Presiden Joko Widodo sebelum berakhir masa jabatan Oktober 2024 mendatang.

Malam Academic Award IAIN berlangsung sangat meriah dengan panggung serba hitam. Kemudian dipadukan pencahayaan dengan berbagai variasi warna menambah semarak acara yang dihadiri sekitar 900 peserta.

Ditambah lagi berbagai hiburan yang ada, mulai dari tarian UKM Sibola dengan menggabungkan beberapa jenis tarian. Kemudian sumbangsih lagu dari UKK PSM Pandawa IAIN serta ditutup Musik Orkestra Formasi Band.

Rektor IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji, M.Ag saat membuka acara menyampaikan bahwa, pihaknya mengemban amanah sudah setahun tiga bulan. Salah satu amanah yang dititipkan dari pendahulu, guru kami, yakni melanjutkan proses transformasi status kelembagaan IAIN Palopo menjadi UIN.

Dikatakannya, atas dukungan dari para Bupati dan Walikota telah menghasilkan terbitnya surat izin Prakarsa dari Menpan RB terkait peralihan status menjadi UIN Palopo sejak 29 Juli 2024 lalu.

"Apa yang kami lakukan ini bagian dari rasa syukur kami, menghadirkan Bupati dan Walikota di tempat kami, kami ingin menyampaikan kepada semuanya berkat dukungan Walikota dan Bupati transformasi IAIN Palopo tinggal selangkah lagi," ungkapnya.

Untuk Institut yang sudah berjalan 86 tahun, tidak mungkin sampai ke titik ini tanpa peran orang-orang yang sudah mengabdikan dedikasinya sampai hari ini. Maka dari itu, pihaknya memberikan penghargaan kepada semua pihak yang berkontribusi langsung dan nyata terhadap perkembangan IAIN Palopo,

"Untuk itu, malam ini kami berikan penghargaan kepada dua tokoh yang menurut pimpinan IAIN. Mereka layak memperoleh penghargaan berupa long life achievement yakni penghargaan seumur hidup," sebutnya

Selain itu, Institut merasa berkewajiban memberikan penghargaan, selain kepada pemerintah daerah, kepada tokoh yang sudah dihormati. Tetapi juga, kepada dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa.

Sementara itu, penghargaan dua tokoh kategori long life achievement yang memberikan kontribusi dan dedikasi sepanjang hidupnya, yakni Almarhumah Dr Hj Ramlah M, MM serta Almarhum Drs H Hasyim.

Kedua tokoh ini, diberikan piagam penghargaan oleh Rektor diwakili oleh keluarga masing-masing. Suasana semakin haru, ketika video profil kedua tokoh dihadirkan, beberapa dosen dan tendik meneteskan air mata, mengingat sepak terjang kedua tokoh ini.

Terlebih ketika melihat video Profil Dr Hj Ramlah Makkulasse, MM yang akrab disapa Opu Sa'na di masa hidupnya. Dua periode membawahi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) berbagai prestasi ditorehkannya, ia berpulang ke Rahmatullah di tahun 2022 lalu.

Selanjutnya, penghargaan diberikan kepada Pj Walikota Palopo, Pj Bupati Luwu, PJ Luwu Utara yang diwakili Sekda Lutra dan Pj Luwu Timur yang diwakili Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan untuk kategori pemerintah daerah yang berkontribusi yang selama ini berkontribusi bagi kemajuan IAIN Palopo.

Menerima penghargaan dari IAIN Palopo, Pj Walikota Palopo, H Asrul Sani, SH, M.Si menyampaikan terima kasih kepada seluruh civitas akademika.

"Ini penghargaan bukan untuk saya dan Pemkot Palopo melainkan seluruh masyarakat Kota Palopo," ungkapnya.

Tentunya ini merupakan bagian kolaborasi antara pemerintah dan IAIN Palopo, mari membangun IAIN Palopo dan Palopo menjadi lebih baik.

"Untuk itu mari kita bersinergi, berkolaborasi, bagaimana membangun IAIN Palopo menjadi UIN, Kota Palopo dan Tana Luwu pada umumnya," ujarnya.

Senada dengan PJ Walikota Palopo, Pj Bupati Luwu, PJ Sekda Lutra, Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan Setda Lutim menyampaikan siap bersinergi dan berkolaborasi untuk kemajuan IAIN Palopo serta Tana Luwu pada umumnya.

Sementara itu penghargaan kategori Dosen Berprestasi diberikan kepada Dr Fasiha, M.EI serta Dr Edhy Rustan, M.Pd. Kemudian untuk tenaga pendidikan berprestasi diberikan kepada Munafry Yusuf, S.Sos.

Selain itu Rektor juga memberikan penghargaan kepada mitra kerjasama serta para sekolah di Tana Luwu yang telah berkontribusi kepada IAIN Palopo.

IAIN Palopo juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi baik bidang akademik maupun non akademik baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Seperti yang diraih oleh Jufri Febian mahasiswa asal Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan (FTIK) dengan meraih juara I the best media pada International Lining Media Exhibition di Malaysia dengan mengalahkan berbagai perwakilan negara-negara Asean.

Turut hadir pada acara tersebut, para mitra kerjasama, Kepala Cabang Bri Kcp Palopo, Bank BTN KCP Palopo, PLN dan Baznas, Sekolah mitra serta keluarga besar IAIN, baik dosen, tendik serta mahasiswa.(*)

  • Bagikan