Besok, KPU Umumkan Hasil Verifikasi Syarat Paslon

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI -- Tiga berkas pendaftaran pasangan calon (paslon) bakal calon (Bacalon) Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur dinyatakan lengkap.

Ketiga berkas pasang balon yang mendaftar di KPU Lutim, guna bertarung di Pilkada Luwu Timur pada 27 November 2024 itu yakni, Isrullah Ahmad – Usman Sadik (Isrullah-Usman), Budiman - Mochamad Akbar Andi Leluasa (Budiman-Akbar) dan Irwan Bahri Syam – Puspawati Husler (Ibas-Puspa).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur, Irfan Lahabu, menyebutkan, saat prosesi pendaftaran oleh ke tiga balon tersebut semua berjalan aman dan lancar. Dan dapat dipastikan bahwa seluruh berkas dari tiga pasangan balon itu telah dinyatakan lengkap.
“Alhamdulillah, ketiga pasangan balon yang telah mendaftar ke KPU semuanya memiliki berkas yang lengkap,” ujar Irfan Lahabu, kemarin.

Lanjut, usai pendaftaran balon, yang dibuka selama tiga hari, 27, 28 dan 29 Agustus 2024, maka tahapan berikutnya adalah pemeriksaan kesehatan bagi para balon Bupati dan Wakil Bupati.

Dimana pemeriksaan telah dilakukan mulai dari 29 Agustus hingga 2 September 2024, kemudian jadwal penetapan balon menjadi calon itu akan dilakukan pada 22 September 2024 mendatang, dimana jadwal ini sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) yang berlaku.
Ia mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi pasangan balon dilaksanakan di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar.

Ini dilakukan sesuai rekomendasi dari pemerintah daerah. Dan pihak KPU Luwu Timur juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Rumah Sakit Pendidikan UNHAS untuk memastikan waktu dan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan ini.

"Pemeriksaan kesehatan ini telah dilakukan pada Sabtu 31 Agustus 2024 oleh dua pasangan balon yakni Isrullah – Usman dan Budiman - Akbar. Sementara pasangan Ibas– Puspa menjalani pemeriksaan pada 1 September 2024 lalu,” terang Irfan Lahabu.

KPU Lutra
Di Masamba, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara akan mengumumkan syarat Calon Bupati dan Wakil Bupati pada 5 September 2024 mendatang.

Komisioner KPU Devisi Teknis Penyelenggaraan Mahsyar kepada Palopo pos Selasa 3 September 2024 mengatakan bahwa berkas syarat calon akan dimulai diverifikasi pada 4 September 2024 hari ini, diantaranya adalah hasil tes kesehatan yang juga akan diumumkan besok di Silon KPU.

Jadi Pengumuman Syarat Calon sudah bisa di ketahui 5 September 2024 lusa. Kata Mahsyar yang juga mantan aktivis HMI Makassar ini.

Masih kata Plato, ada empat pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil telah daftar di KPU dan Sudah Melakukan Tes Kesehatan kemarin.

Diantaranya Pasangan Calon Andi Abdullah Rahim dan Jumail Mappile, Kemudian Pasangan Calon  Suaib Mansur dan Triyono Kusnan , selanjutnya pasangan Calon Arsyad Kasmar Dan Muh Fajar Jabir serta Pasangan Calon Muhammad Fauzi dan Ajie Saputra
(jun-akm/idr)

  • Bagikan

Exit mobile version