Maknai Hari Pelanggan Nasional Dengan Upaya Peningkatan Layanan Bagi Peserta JKN

  • Bagikan
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Dahniar Hasyim Dahlan memberikan cinderamata kepada peserta yang datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Rabu (4/9). IST

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID Jamkesnews – Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September 2024, BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia secara serentak memberikan apresiasi kepada seluruh peserta dan calon peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang datang ke Kantor BPJS Kesehatan, dalam bentuk pemberian cinderamata. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian serta wujud terima kasih kepada peserta JKN yang telah turut serta mendukung penyelenggaraan Program JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Dahniar Hasyim Dahlan yang ditemui di sela-sela kegiatan pemberian cinderamata kepada peserta yang datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Rabu (4/9) menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya sebagai bentuk terima kasih kepada peserta JKN melainkan juga sebagai pengingat bahwa BPJS Kesehatan harus senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta JKN.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta JKN yang telah mempercayakan Program JKN sebagai jaminan perlindungan kesehatannya. Dalam satu dekade penyelenggaraan Program JKN di Indonesia, cakupan kepesertaan telah mencapai 98% dari total jumlah penduduk. Tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi BPJS Kesehatan dalam menghadirkan layanan yang mudah, cepat dan setara bagi seluruh peserta JKN,” ucapnya.

Dahniar menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk memberikan kemudahan akses layanan bagi peserta JKN, diantaranya dengan menghadirkan layanan digital seperti Aplikasi Mobile JKN dan kanal layanan non tatap muka seperti Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA).

“Aplikasi Mobile JKN menawarkan berbagai macam kemudahan bagi peserta JKN, karena selain akses yang mudah yaitu cukup melalui smartphone, fitur-fitur yang tersedia juga sudah lengkap disesuaikan dengan kebutuhan peserta, baik terkait administrasi kepesertaan hingga pelayanan kesehatan. Selain itu, kemudahan lainnya yang ditawarkan adalah layanan non tatap muka bagi peserta JKN yang membutuhkan pelayanan administrasi namun terkendala waktu dan jarak untuk datang ke Kantor BPJS Kesehatan, yaitu layanan PANDAWA dengan nomor layanan 08118165165,” ungkapnya.

Diharapkan melalui inovasi layanan yang telah dikembangkan BPJS Kesehatan, peserta JKN tidak akan menemui kendala dalam mengakses layanan sehingga dapat memenuhi harapan peserta akan kemudahan akses layanan. Berbagai upaya untuk memberikan layanan yang terbaik terus digiatkan di seluruh lini pelayanan, tidak terbatas pada pelayanan di kantor BPJS Kesehatan saja tetapi juga di seluruh fasilitas kesehatan yang bekerja sama, salah satunya melalui pemantauan komitmen fasilitas kesehatan dalam pemenuhan Janji Layanan JKN.

Salah satu peserta JKN, Herni (38) yang ditemui saat berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan bertepatan di Hari Pelanggan Nasional 2024 menceritakan bahwa dirinya telah lama menjadi peserta JKN, bahkan dari sebelum ia menikah hingga kini tengah menantikan anak ketiganya. Ia mengaku sangat puas dengan manfaat Program JKN yang selama ini telah ia rasakan.

“Sebagai peserta JKN saya sangat tertolong dengan manfaat jaminan kesehatan dari Program JKN, diantaranya persalinan anak pertama saya secara normal dan anak kedua saya lewat operasi caesar, dimana selain terbantu dari segi biaya pelayanan yang saya dapatkan juga sangat baik,” jelasnya.

Menurut Herni yang merupakan peserta yang menjadi tanggungan pemerintah, selama berobat menggunakan JKN dirinya tidak merasa dibedakan sebagai peserta JKN dengan hak kelas rawat kelas tiga. Ia mengaku sarana dan prasarana di fasilitas kesehatan cukup lengkap, serta tidak ada iur biaya yang ditagihkan kepadanya.

“Walaupun di luar banyak yang bilang kalau pasien umum lebih diutamakan dari pasien JKN, saya merasa bahwa pelayanan kepada saya tidak berbeda dengan pasien lain, itu yang saya rasakan. Saya berharap Program JKN dapat terus berlanjut, semakin baik lagi ke depannya, dan tetap memastikan tidak ada diskriminasi layanan bagi seluruh peserta JKN,” tutupnya. (sy/va)

  • Bagikan

Exit mobile version