Hasil Timnas Arab Saudi Vs Indonesia: Pasukan Garuda Tahan Sang Raksasa Asia, Penalti Digagalkan Maarten Paes

  • Bagikan

Pemain Indonesia mengawal ketat pemain Arab Saudi.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RIYADH-- Perjuangan Timnas Indonesia luar biasa. Saat menghadapi Arab Saudi di laga babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C, Pasukan Garuda berhasil mencuri poin usai menahan imbang sang tuan rumah.

Satu poin ini, sangat berarti bagi timnas Indonesia apalagi bermain di kandang lawan.

Pada partai ini, Indonesia unggul lebih dulu atas Arab Saudi pada babak pertama berkat gol yang dicetak Ragnar Oratmangoen pada menit ke-19.

Hanya saja, Arab Saudi kemudian bisa menyamakan kedudukan lewat gol Musab Aljuwayr pada tambahan waktu babak pertama, tepatnya menit ke-45+3.

Indonesia nyaris kalah di akhir babak kedua dengan adanya penalti dari Timnas Arab Saudi pada menit ke 78, hanya saja malu ditepis dengan baik penjaga gawang Maarten Paes.

Jalannya Pertandingan

Saat kick off, tuan rumah Arab Saudi mencoba untuk membangun serangan dengan umpan dari kaki ke kaki.

Hanya saja, barisan pertahanan timnas Indonesia berhasil mematahkan upaya rangkaian serangan Arab Saudi lewat Rizky Ridho.

Pada menit ketujuh, Indonesia mendapat sepak pojok untuk kali pertama. Namun, upaya Nathan dkk masih belum berhasil untuk menembus barisan pertahanan Arab Saudi.

Meski mendapat tekanan, namun, timnas Indonesia berhasil membobol gawang Arab Saudi pada menit ke-19.

Gol cantik itu bermula dari umpan terobosan kepada Witan Sulaeman di dalam kotak penalti. Bola lalu diumpan kepada Ragnar Oratmangoen.

Dan, Ragnar pun lalu melepaskan tendangan kaki kiri di dalam kotak penalti, yang berubah arah setelah mengenai Sandy Walsh. Bola mengarah ke gawang Arab Saudi.
Penjaga gawang Arab Saudi Mohammed Al Owais dibuat terkecoh Indonesia pun unggul 1-0.

Tertinggal 0-1, timnas Arab Saudi menaikkan tempo permainannya. Tekanan demi tekanan diterima anak asuh Shin Ta Yong.

Pada menit ke-23, Calvin Verdonk mendapat kartu kuning dari wasit karena pelanggaran yang dilakukan.

Hingga menit ke-30, timnas Indonesia tampil cukup baik dengan minim melakukan kesalahan.  Pada menit ke-34, Garuda mendapat peluang lewat kerja sama antara Witan dan Rafael Struick. Mereka menyisir sisi kiri pertahanan Arab Saudi.

Bola kemudian diarahkan ke Witan di dalam otak penalti, tetapi tendangan Witan masih bisa ditangkap kiper Mohammed Al Owais. 

Pada menit ke-38, Arab Saudi melancarkan serangan balik cepat lewat kapten Salem Al-Dawsari, tetapi masih bisa diputus pemain Indonesia.  Pada perpanjangan waktu babak pertama, Arab Saudi bisa menyamakan kedudukan lewat Musab Aljuwayr pada menit 45+3.

Tendangan Musab Aljuwayr mengenai Calvin Verdonk sehingga arah bola berubah dan membobol gawang Garuda yang dijaga Maarten Paes. Usai itu, tak ada lagi yang tercipta. Skor 1-1 menutup babak pertama laga Arab Saudi vs Indonesia.

Memasuki babak kedua, Arab Saudi memegang kendali penuh laga di awal babak kedua. Mereka memaksa Indonesia lebih banyak bertahan.

Salem Al Dawsari berusaha mengancam lewat percobaan dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya melambung jauh.

Al Dawsari melakukan hal serupa di menit ke-74. Tembakannya melebar tipis.

Peluang emas didapatkan oleh Arab Saudi. Indonesia selamat dari kebobolan setelah sundulan Saud Abdulhamid masih menerpa tiang gawang sudut kanan.

Tidak berselang lama, malapetaka menimpa timnas Indonesia. Yah, itu setelah penjaga gawang Indonesia Paes bikin kesalahan saat mendapat pressing dari Feras Al-Buraikan di menit ke-79. Ia menendang kaki Feras.

Untung saja Paes menebus kesalahannya. Ia bisa menepis eksekusi penalti Salem Al Dawsari ke arah kiri gawang. Maka, selamatlah gawang Indonesia.

Paes kembali bikin penyelamatan gemilang. Ia bisa menahan tendangan jarak Mohammed Kanno ke pojok kanan gawang.

Masa injury time, Indonesia terus mendapat gempuran. Untung saja pasukan Shin Tae-yong dengan baik menjaga gawang Paes untuk tak kebobolan lagi.

Sampai wasit membunyikan Pluit tanda pertandingan berakhir, kedudukan pun imbang 1-1. Yes, satu poin untuk tim Sang Merah Putih. (*/Uce)

Susunan pemain

Arab Saudi: Mohammed Al Owais; Sultan Al Ghannam, Ali Lajami, Ali Al Bulayhi, Moteb Alharbi (Saud Abdulhamid 33'), Hassan Al Tambakti; Musab Aljuwayr, Abdullah Al Khaibari (Abdulrahman Ghareeb 46'), Mohammed Kanno; Salem Al Dawsari, Abdullah Radif (Feras Al-Buraikan 57').

Indonesia: Maarten Paes; Calvin Verdonk, Rizky Ridho (Muhammad Ferrari 80'), Jay Idzes, Nathan Tjoe-a-On; Sandy Walsh (Asnawi Mangkualam 68'), Tom Haye (Marselino Ferdinan 57'), Ivar Jenner (Egy Maulana Vikri 80'); Ragnar Oratmangoen, Witan Sulaeman (Shayne Pattynama 57'), Rafael Struick.

  • Bagikan

Exit mobile version