Cegah Karhutla Untuk Perkebunan, TNI-Polri di Mengkendek Patroli Titik Rawan

  • Bagikan

Tim patroli gabungan TNI-Polri dan Tim Manggala Agni melaksanakan patroli dan monitoring kawasan hutan pada titik rawan kebakaran di wilayah Mapongka Lembang Marinding Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, Sulsel. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Tim patroli gabungan TNI-Polri dan Tim Manggala Agni melaksanakan patroli dan monitoring kawasan hutan pada titik rawan kebakaran di wilayah Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Hal itu dilakukan dalam upaya mencegah dan mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Selain melakukan Patroli, tim gabungan juga melaksanakan imbauan pencegahan Karhutla di wilayah Mapongka Lembang (Desa) Marinding Kecamatan Mengkendek.

Kapolres Tana Toraja, AKBP Malpa Malacoppo menjelaskan kegiatan tersebut menunjukkan sinergi antar berbagai pihak dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadi bencana alam kebakaran hutan dan lahan.

“Salah satu langkah awal pencegahan dengan melaksanakan patroli, monitoring pada titik kawasan rawan kebakaran dan memberikan imbauan ke masyarakat tentang bahaya Karhutla,” ucap Malpa, Sabtu (7/9/2024).

Lanjutnya menambahkan bahwa, pencegahan Karhutla adalah tanggung jawab bersama baik itu TNI-Polri, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat Tana Toraja.

Menurut Malpa, selain faktor alam dan kesengajaan manusia juga menjadi penyebab Karhutla adalah pembakaran lahan maupun hutan untuk perkebunan.

Maka itu berupaya terus mengimbau masyarakat agar tidak melakukan hal serupa karena dapat melanggar hukum.

“Mari kita bersama-sama menjaga daerah ini agar lingkungan tetap indah, asri, sejuk, nyaman dan terhindar dari bencana alam,” pungkasnya. (Risna)

  • Bagikan