Ini 8 Buah yang Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Anda di Usia Lanjut

  • Bagikan
Buah. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ingin tetap kelihatan muda. Atau wajah maih masih terlihat awet? Ini lho rahasianya. Yah, sudah menjadi rahasia umum bahwa buah-buahan adalah salah satu makanan paling penting yang harus dikonsumsi setiap hari untuk menyehatkan tubuh.

Hebatnya, selain menyehatkan tubuh secara keseleluruhan, buah-buahan juga terbukti dalam menjaga kulit wajah agar tetap terlihat lebih muda seiring bertambahnya usia.

Dan beberapa buah-buahan tertentu disebut-sebut lebih manjur untuk mencegah penuaan dini daripada buah-buahan lainnya.

Dilansir dari healthline.com, Sabtu (7/9), berikut buah yang dapat menjadi solusi saat Anda ingin terlihat lebih muda dibandingkan dengan usia Anda.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak pelawan peradangan yang baik untuk kesehatan Anda.

Studi tahun 2022 mencatat bahwa, khususnya untuk perempuan, konsumsi alpukat setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Mereka juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat membantu kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat bermanfaat seiring bertambahnya usia. Ini termasuk vitamin K, C, E, dan A, vitamin B, dan kalium.

  1. Blueberry

Blueberry kaya akan vitamin A dan C, dan nutrisi lainnya. Blueberry dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dengan cara menurunkan peradangan dan mengurangi hilangnya kolagen.

  1. Pepaya

Buah-buahan super lezat ini kaya akan berbagai antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, dan fungsi jantung seiring bertambahnya usia, bahkan dapat membantu mencegah penyakit dan kondisi tertentu.

Meskipun daging buah pepaya adalah satu-satunya bagian yang paling sering dikonsumsi, kulit dan bijinya pun ternyata mengandung nilai fitokimia.

Fitokimia ini dapat mendukung sistem kekebalan tubuh Anda, membantu mata dan jantung, dan bahkan memberikan efek anti tumor yang oleh para peneliti dalam penelitian tahun 2022.

Secara umum, nutrisi dalam pepaya meliputi vitamin A, C, K, dan E, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan vitamin B.

Berbagai macam antioksidan dalam pepaya yang difermentasi, khususnya, membantu mengurangi efek Sumber Tepercaya yang berkaitan dengan usia pada tubuh Anda yang mungkin Anda alami seiring bertambahnya usia.

Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain, yang memberikan manfaat tambahan seperti melancarkan pencernaan.

Jadi ya, makan pepaya (atau menggunakan produk yang mengandung pepaya) mungkin bagus untuk tubuh dan kesehatan Anda dan bahkan membantu mencegah penyakit dan kondisi tertentu yang berkaitan dengan usia, seperti Alzheimer dan demensia.

4. Strawberi

Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang membantu dalam memerangi penuaan kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Strawberi juga mengandung asam ellagic yang membantu mengurangi keriput.

  1. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, yang meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Kolagen sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan kenyal.

  1. Anggur

Anggur kaya akan resveratrol, sebuah antioksidan yang terbukti dapat melawan penuaan kulit dan memperbaiki tekstur kulit.

  1. Mangga

Mangga mengandung vitamin A dan beta-karoten yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

  1. Kiwi

Buah kiwi memiliki banyak vitamin E, yang membantu dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, kandungan vitamin C dalam kiwi juga membantu mencerahkan warna kulit dan menyamarkan bintik-bintik gelap. (jp/pp/uce)

    • Bagikan