Lihat Papan Catur, PD dan HB Langsung Main Catur, Skor 2-1

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, SURUTANGA--Baik Putri Dakka (PD) maupun HB (Haidir Basir) sama-sama bukanlah atlet olahraga catur. Meski demikian, keduanya ternyata bisa bermain catur.

Saat mereka berkunjung ke Warkop Labucai yang berlokasi di Jl. Malaja Kota Palopo (Kamis, 5 September 2024 malam). Keduanya, sepakat untuk bermain catur ketika melihat ada papan catur yang tersedia di warkop itu, sembari menunggu pesanan minuman Sarabba plus 'tallo' (telur) yang merupakan menu khas Warkop Labucai.

Permainan pun dimulai dengan langkah pion depan raja oleh PD yang memegang batu catur putih. Giliran HB membuka langkah pion hitam depan perdana menteri. Selanjutnya, keduanya terlihat meyakinkan dalam memainkan masing - masing 16 buah batu catur sesuai aturan main dan peran setiap jenis batu catur itu.

Dari cara bermain, PD (Putri Dakka) terkesan lebih mengedapankan pola agresif yang langsung menyerang. Sementara HB lebih memperlihatkan pola main defensif untuk sekali sekali menyerang balik. Tapi, apapun itu keduanya tetap membangun proteksi yang ketat terhadap terjadinya serangan lawan mematikan raja.

Menurut Qhimet, sapaan karib dari Abd Jafar Hakim, alhasil, setelah melokoni permainan 3 babak yang diwarnai canda serta gelak tawa sepanjang percaturan berlangsung, skor akhir 2-1 untuk HB. Putri Dakka pun mengekspresikan rasa puasnya usai permainan.

"Bahwa yang paling utama adalah bagaimana menyelesaikan seluruh episode permainan, menjalani semua aturan mainnya. Meski dirinya Calon Wali Kota Palopo, tapi PD tak ingin HB selaku calon wakilnya memberikan kemenangan karena rasa sungkan," ujarnya. Jum'at, 7 September 2024, di Kota Palopo.

Demikian halnya respon HB (Haidir Basir), bahwa dirinya tidak harus menyembunyikan kemampuannya dalam rangka memberi kemenangan untuk PD (Putri Dakka).

"Maka, tiga babak permainan catur antara pasangan PD-HB seluruhnya berlangsung secara "genuine" natural sesuai sesuai karakter kedua figur itu. Dan, menariknya sepanjang permainan catur itu, tidak terjadi insiden apapun, baik berupa pelanggaran aturan main maupun upaya menganulir langkah batu catur karena salah gerakan," ungkapnya.

Sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada pilkada Kota Palopo 2024, PD dan HB memperlihatkan adanya gambaran chemistry yang terbangun di antara mereka dalam tiga babak permainan catur tersebut.

Apabila chemistry itu dimaknai sebagai terbangunnya kerja sama dan koordinasi diantara beberapa pihak atau tim work yang tumbuh dari saling percaya dan menghargai untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menghadapi sebuah event atau kompetisi.

"Maka dalam konteks pilkada, chemistry PD-HB adalah perpaduan apik potensi sumber daya keduanya, melahirkan kemampuan politik maksimal, baik untuk memenangkan kompetisi pilwalkot maupun dalam mengelola birokrasi pemerintahan secara efektif pasca meraih kemenangan nantinya," jelasnya.

Berdasarkan amanah undang - undang tentang kewenangan pemerintah kota (pemda), tugas utama seorang wali kota adalah mengkoordinasikan perencanaan dan pengelolaan pembangunan, mengkoordinasikan perencanaan, pemanfaatan dan pengawasan tata ruang, nenyelenggarakan ketertiban dan ketentraman masyarakat serta penyediaan sarana dan prasarana publik yang layak.

"Maka, kehadiran seorang wakil wali kota bukan sekedar formalitas, melainkan wajib memberikan peran strategis membantu wali kota dalam menyukseskan terlaksananya tupoksi pemkot tersebut. Maka dalam konteks pembangunan Kota Palopo 2024-2029, PD dan HB, jika terpilih keduanya telah memiliki chemistry untuk bekerja megemban amanah, baik dalam memajukan kualitas pembangunan wilayah, maupun mendorong peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat kota Palopo," cetusnya.

Sebelum mereka berpasangan sebagai Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Palopo 2024, keduanya merupakan figur publik yang telah dikenal luas oleh publik, karena kiprah sosial-kemasyarakatannya.

"Sosok PD populer karena "Agenda Kebaikannya" dan sosok HB sangat dikenal dengan julukan "Sang Pengabdi". Kini mereka menemukan chemistry-nya dalam formilasi jargon atau tagline "MENGABDI UNTUK AGENDA KEBAIKAN," pungkasnya. (rls/ikh)

  • Bagikan

Exit mobile version