PIK Remaja Inklusi Tana Toraja Dibentuk, Wakili Sulsel Pada Ajudaknas di Bali

  • Bagikan

Ketua PIK SLB Dharmawanita Makale, Tana Toraja, Rizki Hosia foto bersama dengan Bupati Theofilus dan rombongan Perwakilan BKKBN Sulsel usai pengkukuhan di Gedung Tammuan Mali, Makale, Jumat (6/9/2024). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA-- Seorang putri asal Kabupaten Tana Toraja, Rizki Hosia mewakili Sulawesi Selatan pada ajang Apresiasi Duta Genre dan Jambore Kreasi Tingkat Nasional (Ajudaknas).

Yang akan berlangsung tanggal 17 sampai 21 September 2024 mendatang di Denpasar, Provinsi Bali.

Rizki Hosia merupakan Ketua Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja Inklusi Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharmawanita Makale, Tana Toraja.

Diketahui PIK Remaja SLB Dharmawanita Makale dikukuhkan secara langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Shodiqin saat kunjungan kerja ke Kabupaten Tana Toraja.

Kunjungan ke Tana Toraja dalam rangka internalisasi pengasuhan balita dallas percepatan penurunan Stunting dan pengukuhan PIK Remaja Inklusi. 

Pengukuhan disaksikan Penyuluh KB Ahli Utama BKKBN Sulsel, drg Widwiono, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dan Wabup dr Zadrak Tombeg, Ketua TP PKK Tana Toraja, Yariana Somalinggi dan Kepala DP3AP2KB, Bonifacius Paundanan dan jajaran Kepala OPD sera tamu undangan di Gedung Tammuan Mali, Makale, Jumat (6/9/2024).

“Kabupaten Tana Toraja ini luar biasa, kami tentunya menyasar remaja dan tidak memandang siapapun, termasuk yang berkebutuhan khusus,” ujar Shodiqin.

Dijelaskan, pihaknya akan merangkul para remaja agar dapat saling membantu dan terhindar dari triad Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR).

“Sudah terbentuk PIK remaja inklusi SLB dharmawanita yang dipelopori adanya PIK Remaja Inklusi ini,” terangnya.

Ditambahkan drg. Widwiono mengapresiasi atas terbentuknya PIK Remaja Inklusi di Tana Toraja. 

“Saya apresiasi dan ini menjadi modal baik untuk Tana Toraja dan dapat menjadi pertimbangan di wilayah Indonesia, juga dapat kita upayakan menjadi lebih baik lagi,” terangnya.

Widwiono mengumumkan barwa PIK Remaja Inklusi Tana Toraja adalah yang pertama dibentuk di Indonesia.

Walau dengan keterbatasan, pengukuhan PIK Remaja SLB Dharmawanita Makale dibantu bahasa isyarat dari Forum Genre Tana Toraja saat melakukan komunikasi.

Usai pengukuhan dilanjutkan penyematan salempang Duta Genre Inklusi oleh bunda Genre Tana Toraja, Yariana Somalinggi.

Dilanjutkan penandatanganan sertifikat Duta Genre Inklusi oleh Bupati Theofilus Allorerung dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi, Shodiqin. (Risna)

  • Bagikan

Exit mobile version