Kelompok Dosen Universitas Andi Djemma Pengabdian Masyarakat di Desa Waelawi Malangke Barat

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Kelompok Dosen Universitas Andi Djemma melakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Waelawi Malangke Barat,Kabupaten Luwu Utara.

“Penerapan Teknologi Material Komposit (Fiberglass) sebagai Bahan Penguat Perahu Nelayan di Dusun Lamiko-miko Desa Waelawi Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara”

Koordinator Tim: Prof. Dr.Ir. Irman Halid, S.T., M.Si. Anggota Tim Dr.Ir. Budiawan Sulaeman, S.T., M.T., IPM. Dr. (cand) Nasruddin Djunaedi, S.E., M.M.

Adapun pesertanya mahasiswa (peserta MBKM) 4 orang, dan Kelompok Nelayan Lanipa Jaya Desa Waelawi.

Koordinator Tim: Prof. Dr.Ir. Irman Halid, S.T., M.Si menjelaskan, salah satu kelompok nelayan yang berdomisili di Desa Waelawi Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara adalah Kelompok Nelayan Lanipa Jaya.

Kelompok Nelayan Lanipa Jaya dalam kesehariannya adalah nelayan penangkap ikan dan pengangkut hasil tambak berupa rumput laut. Mereka menggunakan kapal motor jenis “katinting” yang setiap harinya dioperasikan di laut. Program pengabdian kepada masyarakat ini difokuskan kepada (1) penyuluhan dan pelatihan kepada kelompok sasaran melalui penerapan teknologi material komposit (fiberglass) perahu nelayan dan (2) pelatihan manajemen kelompok nelayan.

Permasalahan yang dihadapi dengan penggunaan kapal motor “katinting” adalah dari aspek perawatan dan ketahanan kapal. Kapal “katinting” dengan bahan utama dari kayu sangat mudah lapuk dan terserang oleh organisme perusak kayu (biofouling). Perawatan dilakukan oleh nelayan dengan seadanya dengan cara membersihkan organisme perusak sekali dalam 6 bulan. Permasalahan ini juga berdampak pada masa pemakaian semakin pendek.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, atas prakarsa kelompok dosen dari Universitas Andi Djemma dibawah koordinasi Prof.Dr.Ir. Irman Halid, S.T., M.Si. selaku koordinator kegiatan PkM melaksanakan pelatihan penerapan teknologi material komposit (fiberglass) kepada kelompok sasaran yaitu Kelompok Nelayan Lanipa Jaya dengan dukungan dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun 2024. Tujuan kegiatan yaitu meningkatkan keberlanjutan penggunaan perahu motor “katinting” dengan memperpanjang umur penggunaannya. Melalui program ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat setempat khususnya kepada mitra sasaran kelompok nelayan.

Output kegiatan meliputi: (1) kemampuan anggota kelompok nelayan dalam memahami dan melaksanakan proses pencampuran antara Polyester Resin, Katalis, Talk, dan penambahan pigmen (pewarna), (2) mempraktekkan atau mengaplikasikan cara melapisi perahu motor (katinting) menggunakan adonan serat fiber dan penambahan chopped strand mat pada dinding luar dan dalam, serta (3) dari aspek manajemen kelompok khususnya upaya meningkatkan manajemen usaha dan aspek pemasaran dapat memberikan kontribusi yang besar dalam kesinambungan Kelompok Nelayan Lanipa Jaya.(rls/idr)

  • Bagikan