Hasil Timnas Indonesia Vs Australia: Digempur Habis-habisan, Pasukan Garuda Tahan Socceroos 0-0, Ini Posisinya di Klasemen Sementara

  • Bagikan

Pemain Indonesia saat melawan Australia.

PALOPOPOS CO.ID, JAKARTA-- Timnas Indonesia berhasil melewati duel seru dan sengit saat menjajal timnas Australia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa 10 September 2024 pukul 20.00 Wita di Stadion GBK, Jakarta.

Hasil seri ini, menambah poin Indonesia satu. Dan kini tetap bertengger di posisi empat klasemen sementara dengan poin dua.

Sementara Australia, harus puas berada di posisi kelima dengan poin satu. Karena, sebelumnya dipermalukan dari Bahrain 1-0 di kandangnya.

Adapun pemuncak klasemen sementara adalah Arab Saudi usai mengalahkan China 2-1. Kini, Arab Saudi sudah mengoleksi poin 4 sementara China masih kosong alias belum merebut poin sama sekali dari dua duel yang dilakoninya.

Indonesia sendiri pada duel melawan Australia terlihat begitu percaya diri di awal babak pertama.

Ini dapat dilihat Saat wasit membunyikan Pluit tanda kick off. Terlihat, Indonesia langsung menggebrak. Mereka mengagetkan sang tamu, timnas Australia. Dua tendangan dari pemain Indonesia mampu ditepis penjaga gawang Australia.

Yah, kurang dari 23 detik, Indonesia punya dua shots on target. Pertama dari Walsh lewat tembakan dari depan yang ditepis kiper Mat Ryan, Struick menyambar bola liar dan juga melepas tembakan ke gawang dari sisi kanan tapi kembali ditepis Ryan

Hanya pada menit ke-20, Australia gantian punya peluang emas. Dari situasi tendangan sudut yang kemudian Australia masih kuasai bola, bek Harry Souttar lepas tembakan keras menyambar bola liar dan bisa ditepis Maarten Paes.

Socceroos dapat dua peluang emas di menit ke-34. Tembakan Irankunda dari luar kotak penalti kena tiang, selanjutnya tembakan Cragi Goodwin bisa dimentahkan Paes dalam posisi satu lawan satu.

Tapi, sampai wasit membunyikan Pluit tanda pertandingan berakhir untuk babak pertama kedudukan 0-0.

Pada duel kali ini, Australia tampil dominan. Untuk penguasaan bola, Australia unggul. Yakni, 62 persen sementara Indonesia 28 persen. Tembakan ke gawang Australia juga unggul yakni 3 dan Indonesia 2. Tembakan sudut Australia 9 sementara Indonesia hanya 2.

Usai skor imbang tanpa gol pada babak pertama, Shin Tae Yong memasukkan Witan Sulaeman menggantikan Rafael Struick.

Masuknya Witan membuat serangan Indonesia lebih berbobot pada awal babak kedua. Sementara Australia mencoba terus menekan.

Kemampuan Ragnar Oratmangoen membaca backpass pemain Australia membuat peluang bagi Indonesia. Sepakan Ragnar masih bisa diblok Soutar.

Kans lain dari Marselino Ferdinan gagal mengarah ke gawang. Bola mengangkasa pada menit ke-57.

Semenit berselang pelanggaran Justin Hubner kepada Irankunda membuat tendangan bebas untuk Australia. Eksekusi Goodwin ditangkap dengan baik oleh Paes.

Penyelamatan gemilang kembali dilakukan Paes pada menit ke-67. Peluang Adam Taggart, yang baru masuk, bisa dimentahkan kiper FC Dallas tersebut.

Selanjutnya serangan balik Indonesia bisa membuat bola berada di kotak penalti Australia. Marselino terlihat dijatuhkan Cameron Burgess, namun wasit tidak menggubrisnya.

Thom Haye masuk pada menit ke-71 menggantikan Ivar Jenner.

Dominasi Australia terus terjadi. Indonesia masih kesulitan keluar dari tekanan tim tamu. Sundulan Awer Mabil pada menit ke-77 masih menyamping dari gawang Indonesia.

Pada menit ke-80 Pratama Arhan masuk menggantikan Marselino. Pergantian ini tidak mengubah alur permainan. Australia masih terus mencecar tuan rumah. Selanjutnya Wahyu Prasetyo dimasukkan menggantikan Sandy Walsh.

Australia yang mulai kedodoran pada menit-menit akhir juga mendapat ujian dari serangan Indonesia. Alur distribusi bola Indonesia tak berjalan dengan baik. Finishing pun tak membuahkan gol.

Skor 0-0 menjadi hasil akhir. Indonesia meraih dua hasil seri dari dua pertandingan.

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Australia:

Timnas Indonesia: Maarten Paes; Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner; Sandy Walsh, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Calvin Verdonk; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen.

Australia: Mathew Ryan; Alessandro Circati, Harry Soutar, Cameron Burgess, Aziz Behich; Jackson Irvine, Samuel Silvera, Mitchel Duke, Keanu Baccus, Nestory Irankunda, Craig Goodwin. (*/Uce)

Klasemen Sementara Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

  • Bagikan

Exit mobile version