300 Poktan Terima Bantuan Alsintan Puluhan Miliar

  • Bagikan
Wakil Bupati Luwu Timur, Moch Akbar Andi Leluasa saat menyerahkan bantuan alat pertanian dan juga benih padi dan jagung secara simbolis kepada petani di Aula Dinas Pertanian, Selasa 10 September 2024.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI -- Petani di Kabupaten Luwu Timur kembali mendapat bantuan pertanian. Bantuan berupa alsintan dan bibit ini diserahkan Wakil Bupati Luwu Timur, Moch Akbar Andi Leluasa di Aula Dinas Pertanian, Selasa 10 September 2024.

Bantuan yang diberikan kepada 300 kelompok tani (poktan) ini nilainya cukup besar mencapai puluhan miliar yang bersumber dari APBN dan APBD Luwu Timur 2024.

Di antaranya, alat dan mesin pertanian, benih padi, dan benih jagung bantuan APBN tahun 2024 dan bantuan benih sayuran serta bibit kelapa bantuan yang bersumber dari APBD Luwu Timur tahun 2024.

Wabup Akbar mengajak kepada pengurus kelompok tani yang akan dan telah mendapatkan bantuan agar dapat memanfaatkan dan menggunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Memanfaatkan semaksimal mungkin dalam usaha taninya, serta melakukan pemeliharaan barang yang diberikan untuk pemanfaatan jangka panjang, serta dapat ditanam sesuai dengan teknik budidayanya," kata Akbar.

Dikatakan Akbar, pusat dan daerah sangat intens dalam menyiapkan berbagai kebutuhan akan sarana dan prasarana pertanian melalui berbagai program yang diharapkan dapat memberikan dampak terhadap peningkatan produktivitas hasil pertanian.

"Terhadap bantuan-bantuan yang telah dan akan diberikan kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani, saya ingatkan untuk dipelihara dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan dan kesejahteraan kelompok," jelas Akbar.

''Jika Alsintan sudah siap, benih sudah tersedia, pupuk dijamin tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasaran masihkah produktivitas tidak meningkat? Tinggal teman-teman tim Dinas Pertanian dan petani yang bisa menjawabnya," tutur Akbar.
Adapun bantuan yakni pertama, pompa sebanyak 50 unit untuk 37 kelompok, yang merupakan bantuan langsung dari APBN.
Kedua, bantuan benih padi sebanyak 11,05 ton dan benih jagung sebanyak 27 Ton.

Ketiga, bantuan bidang Ketahanan Pangan sebanyak 17 Kelompok Wanita Tani berupa, benih cabe, benih papaya, benih timun, benih semangka, benih kangkong, polybag dan Mulsa.
Keempat, bantuan bidang perkebunan berupa bantuan bibit kelapa.

Kemudian, Jenis bantuan yang diserahkan kepada petani pada tahun 2024 pertama bantuan langsung dari APBN (Kementrian Pertanian) Pompa 4 Inci sebanyak 21 unit. pompa 6 inci sebanyak 16 unit dan pompa 3 inchi sebanyak 37 unit serta traktor roda dua jumlah penerima 73 kelompok.

Kedua, Irigasi pompa sebanyak 7 Unit. Ketiga, bantuan jalan produksi dan Jides 14 paket untuk 14 Kelompok.
Ketiga, Fasiltasi RMU dan sarana pendukungnya 2 paket (2 Kelompok). Kelima, bantuan benih padi sebanyak 11,05 ton untuk 15 Kelompok dan benih jagung sebanyak 27 Ton untuk 79 kelompok dan bantuan dari APBD Luwu Timur lainnya.(krm/rhm)

  • Bagikan

Exit mobile version