Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Palopo Gelar Rapat Timpora di Toraja Utara

  • Bagikan

KANTOR Imigrasi Kelas II Non TPI Palopo menggelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing atau Timpora Tingkat Kabupaten dan Tingkat Kecamatan Sekabupaten Toraja Utara. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Misiliana Hotel Toraja pada Selasa 10 September 2024.

Tema dalam Rakor ini adalah “Sinergitas Tim Pengawasan Orang Asing Dalam Upaya Penegakan Hukum dan Keamanan untuk Menjaga Tegaknya Kedaulatan Negara”.

Rakor Timpora ini dihadiri oleh berbagai perwakilan instansi seperti dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Toraja Utara, Kepolisian Resor Kabupaten Toraja Utara, Komando Distrik Militer 1414 Tana Toraja dan instansi terkait lainnya yang tergabung dalam anggota Timpora.

Kepala Kesbangpol, Altur, membuka secara resmi kegiatan Rakor Timpora tersebut. “Mari kita ikuti kegiatan ini dengan saling membantu dalam memberikan data atau informasi terkait Warga Negara Asing yang ada di wilayah kita. Selain itu nanti akan ada pemaparan lebih rinci yang akan dibawakan dari imigrasi terkait Warga Negara Asing,” ucap Altur dalam sambutannya.

Altur dengan diselenggarakannya Rakor Timpora tercipta sinergi dan kolaborasi antar instansi agar Kabupaten Toraja Utara tetap aman walaupun banyak terdapat orang asing yang berwisata.

Rakor Timpora ini sendiri diisi dengan pemaparan materi tentang pengawasan Orang Asing, khususnya di wilayah Kabupaten Toraja Utara.
Materi tersebut dibawakan oleh Yulius Lilingan yang merupakan Kepala Subseksi Teknologi Informasi, Intelijen, dan Penindakan Kantor Imigrasi Palopo.

“Imigrasi tidak hanya melaksanakan pengawasan terhadap Warga Negara Asing, tetapi juga kepada Warga Negara Indonesia. Namun pada pelaksanakan rapat koordinasi saat ini dikhususkan untuk Warga Negara Asing. Pelaksanaan pengawasan orang asing merupakan tanggung jawab bersama sesuai tusi masing-masing instansi yang tergabung dalam Timpora Toraja Kabupaten Utara,” kata Yulius Lilingan.

Setelah pemaparan materi, Rakor Timpora dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pertukaran informasi Warga Negara Asing dengan para peserta serta ditutup dengan menyanyikan lagu “Bagimu Negeri".(*/ary)

  • Bagikan

Exit mobile version