Kiprah Muhammad Fauzi di Tengah Pusaran  Pilkada Luwu Utara

  • Bagikan

Muhammad Fauzi saat melakukan konferensi pers usai mendaftar ke KPU Lutra, 29 Agustus 2024 pukul
22.00 Wita. --junaidi rasyid--

PALOPOPOS CO ID, MASAMBA-- Muhammad Fauzi atau yang akrab disapa Abang Fauzi lahir di Jakarta 6 September 1968 adalah Politikus kawakan yang dimiliki kabupaten Luwu Utara.

Kiprahnya di dunia politik telah dia toreh dengan  sangat baik. Berdasarkan catatan  di Wikipedia Muhammad Fauzi,  awal berkarir di politik saat maju sebagai Calon Anggota Legislatif mewakili Daerah Pemilihan menjabat sebagai Anggota DPR RI  mewakili Daerah Pemilihan Nanggroe Aceh Darussalam I  pada 1 Oktober 2004 – 30 September 2009.

Kemudian pemilu  berikutnya tahun 2009 Abang Fauzi  tidak mencalonkan dan maju sebagai caleg kembali tahun 2014 namun belum berhasil, nanti kemudian Pemilu berikutnya 2019 Abang Fauzi dari Partai Golkar terpilih mewakili Daerah Pemilihan Sulsel 3 , yang meliputi Kabupaten Toraja Utara, Sidrap, Pinrang, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Palopo. Dan Kembali terpilih pada Pemilu 2024 dengan meraih suara kurang lebih 99.690 suara.

Terkait kiprah Abang Fauzi di Pusaran  Pilkada Luwu Utara,  nama Abang Fauzi mulai merangkak naik setelah Indah Putri Indriani yang juga istri tercinta  terpilih sebagai Wakil Bupati Luwu Utara  berpasangan dengan Arifin Junaidi yang akrab disapa Arjuna pada Pilkada tahun 2010.

Lewat pengalaman  dan Ilmu Politik yang dimiliki serta kemampuan adaptasinya,  di tangan Abang Fauzi , sang istri kembali  terpilih pada Pilkada Luwu Utara tahun 2015  untuk posisi sebagai Bupati Luwu Utara berpasangan dengan Muh Tahar Rum.  Dan  Indah Putri Indriani akhirnya kembali terpilih di Pilkada 2020 berpasangan dengan Suaib Mansur.

Percaya atau tidak, nama Abang Fauzi di pusaran Pilkada Kabupaten Luwu Utara setiap pesta demokrasi lima tahunan tersebut selalu dikaitkan setiap  kesuksesan  yang diraih Bupati Indah Putri Indriani.

Dan, ini  telah menjadi buah bibir para  politikus dan masyarakat pada umumnya di Bumi Lamaraginang julukan kabupaten Luwu Utara.

Jelang Pilkada Luwu Utara tahun 2024 nama Abang Fauzi sudah diwacanakan  maju bertarung, dengan asumsi karena Bupati Indah Putri Indriani sudah tidak  mencalonkan lagi berdasarkan aturan UU Pilkada karena sudah menjabat dua periode.

Namun, Abang Fauzi sendiri tidak pernah menyatakan akan maju bertarung pada  pilkada 2024.

Pengaruh Abang Fauzi di Pilkada Luwu Utara tahun 2024 sangat kuat. Buktinya Pilkada Lutra  sisa enam bulan, namun adem adem saja, belum ada satu pun Bakal Calon Bupati melakukan Deklarasi Pasangan Calon. Berbeda dengan tiga Kabupaten dan Kota di Luwu Raya, Palopo, Luwu dan Lutim itu sudah kencang dan pasangan sudah ada.

Ademnya pilkada Lutra saat itu menurut sejumlah pengamat politik di Luwu Utara, karena Abang Fauzi yang juga suami dari Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani belum juga menyatakan sikap maju di Pilkada Luwu Utara.

Hingga Injuri Time Pendaftaran Pilkada Luwu Utara  27 Agustus 2024 Hingga 29 Agustus 2024, Abang Fauzi A1 maju sebagai Bakal Calon Bupati Luwu Utara.

Setelah DPP  Partai Golkar melalui Ketua Umum Bahlil dan Sekretaris Jendral DPP Partai Golkar Sarmuji meminta Abang Fauzi untuk maju di Pilkada Luwu Utara , setelah Drs Basir Bakal Calon Bupati yang diberikan surat tugas menyatakan mundur.

Berdasarkan Perintah Partai Golkar,  akhirnya Abang Fauzi  menyatakan sikap maju sebagai Calon Bupati berpasangan dengan Ajie Syaputra  Kadis Koperindag Luwu Utara yang juga putra sulung dari Mantan Bupati Luwu Utara H Arifin Junaidi.

Dan mendaftar sebagai Calon Bupati dan Wakil ke KPU pada 29 Agustus 2024 sekitar pukul 20 Wita . (Junaidi Rasyid)

  • Bagikan