Pj Wali Kota Canangkan Pekan Pelayanan KB

  • Bagikan
Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani bersama Ketua TP-PKK mendampingi Kepala BKKBN Sulsel dalam kegiatan peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia di Kantor Kelurahan Ponjalae, Palopo, Selasa, 10 September 2024 kemarin.--ft: humas/pemkot--

Kehamilan tak Diinginkan, Salah Satu Penyebab Kematian Ibu

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PONJALAE-- salah satu penyebab angka kematian ibu yaitu masih banyaknya jumlah kehamilan yang berisiko tinggi, termasuk kehamilan yang tidak diinginkan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel, Shodiqin SH MM pada peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia Tingkat Provinsi Sulsel Tahun 2024 yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Ponjalae, Palopo, Selasa, 10 September 2024 kemarin.

Melalui rilis, pada kegiatan ini, Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani SH MSi bersama Pj. Ketua TP PKK Palopo, Ny Hasnawati Asrul SE melakukan fasilitasi intensifikasi dan integrasi pelayanan KBKR di wilayah khusus dan pencanangan pekan pelayanan KB serentak.

Lanjut Kepala BKKBN Sulsel, salah satu agenda program prioritas nasional yaitu meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang mampu berdaya saing.

Salah satu kegiatan dalam mencapai tujuan tersebut yaitu penyelenggaraan program KB dan kesehatan reproduksi yang diharapkan dapat berperan dalam penurunan angka kematian ibu.

Peringatan hari kontrasepsi sedunia ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perencanaan keluarga dengan berbagai pilihan metode kontrasepsi yang ada.

Sementara Pj. Wali Kota Palopo menyampaikan, pelayanan keluarga berencana ini merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan dan kesehatan masyarakat dalam program KB, sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, sehat, dan sejahtera.

Oleh karena itu, pelayanan KB di wilayah khusus menjadi suatu keharusan karena di wilayah khusus memiliki karakteristik dan tantangan tersendiri dalam pelaksanaan program KB.

Fasilitasi intensifikasi dan integrasi pelayanan KB ini merupakan langkah strategis pemerintah dalam memberikan akses yang berkualitas dalam pelayanan KB di wilayah khusus.

Dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang kebijakan dan strategi pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan KB khususnya di wilayah khusus oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Palopo Samsil SSi Apt MSi dan Ketua IBI Palopo.

Kegiatan tersebut juga dihadiri pimpinan perangkat daerah Kota Palopo, Camat Wara Timur, para Lurah Sekecamatan Wara timur, mitra BKKBN, serta para undangan lainnya. (ikh)

  • Bagikan