Trisal Tahir, Putra Asli Palopo yang Sukses sebagai Pengusaha di Luar Negeri

  • Bagikan
  • Tamatkan Pendidikan di Palopo dan Norwegia, Bangun 4 Perusahaan Perkapalan Skala Internasional

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Salah satu kontestan di Pilwalkot Palopo yang mencuri perhatian adalah seorang sosok Trisal Tahir. Ia dikenal sebagai salah satu crazy rich Kota Palopo lantaran memiliki jumlah harta kekayaan sesuai data LHKPN KPK RI, mencapai Rp981,5 miliar.

Trisal Tahir merupakan putra asli dari Palopo. Yang sukses menjadi pengusaha di Jakarta dan mancanegara.

“Palopo kampung halaman saya, tempat saya besar. Saya pulang untuk memberikan kontribusi dengan pengalaman saya selama puluhan tahun di Jakarta dan luar negeri,” ujar Trisal saat dihubungi melalui sambungan telephone, Selasa 10 September 2024.

Ia menceritakan, kalau dirinya lahir di sebuah rumah kecil di Jalan Batara, Palopo, pada empat dekade lalu. Dia berasal dari keluarga yang “susah” atau kurang mampu secara ekonomi.

Seperti anak sekolah di masanya, Trisal banyak bergaul dari suatu tempat kumpul ke tempat berkumpul lain di kota Idaman. Saat itu teknologi belum secanggih hari ini.

“Saya lahir Batara, sekolah di Batara sampai remaja di sana. Rumah saya masih ada di sana. Waktu masih sekolah, sering main di Pattene dan Pongsimpin. Nanti setelah tamat SMP di Palopo, saya kemudian merantau lalu melanjutkan pendidikan SLTA di Jakarta dan selesai di Jakarta, saya kemudian melanjutkan ke luar negeri tepatnya di Norwegia menyelesaikan Pendidikan Sarjana,” ungkap Trisal.
Sejak merantau tahun 2004, Trisal digembleng selama beberapa waktu di Ibu Kota sebelum bertolak ke Jerman untuk menekuni bisnis travel dan pelayaran.

Meski dari keluarga susah, namun dengan tekad besar, ia kini memimpin 4 perusahaan perkapalan yang menjangkau jaringan internasional seperti di negara Siprus, Yunani, dan Filipina. Dunia itu sudah digeluti selama 20 tahun.

Trisal juga dipercaya sebagai petinggi industri pelayaran yang berbasis di Namibia, Afrika Selatan. Jabatan itu diemban hingga kini menjelang Pilkada Palopo.

“Saya bukan alumni sekolah pelayaran, tapi dididik di dunia pelayaran,” ungkap Trisal yang istrinya juga asli dari Palopo dan sudah dikaruniai empat orang anak, salah satunya kini bekerja di luar negeri.

Trisal membulatkan tekad maju Pilkada Palopo semata-mata untuk mau melihat kota kampung halamannya ini berkembang dan maju. "Saya setiap kali pulang kampung, selalu melihat tidak ada perkembangan signifikan. Palopo harus berkembang. Ada pelabuhan yang harus dimaksimalkan. Kalau perlu ada pelabuhan khusus kontainer di sana, sehingga Palopo menjadi pusat perdagangan di jazirah Luwu Raya-Toraja. Kalau selama ini barang-barang dari luar negeri harus mampir dulu di Tanjung Priok, Jakarta, Pelabuhan Makassar, kenapa tidak langsung saja masuk ke Pelabuhan Palopo. Inilah yang menjadi salah satu misi saya jika terpilih nantinya," ujarnya.

Trisal mengatakan siap maju Pilkada Palopo bukan semata-mata hanya untuk mencari uang. Tetapi bagaimana kampung halamannya ini, masyarakatnya bisa sejahtera.

"Kalau selama ini Palopo hanya mengandalkan APBD, kapan majunya, kapan berkembangnya, harus ada sektor lain yg diangkat dan Kita bisa mendatangkan Investor karena Palopo sangat terbuka dan berpeluang untuk berinvestasi dan juga merupakan Sentral ekonomi Luwu raya dan Toraja," demikian Trizal menyebutkan.

“Saya ke Palopo bukan untuk cari duit, pak. Ada yang bilang mau jadi wali kota karena itu, saya bilang Palopo itu bukan tempatnya cari duit. “Alhamdulilah, saya sekarang memimpin 4 perusahaan perkapalan. Soal penghasilan nda usah saya sebut yah,” pungkas ayah empat anak ini.

Majunya Trisal dalam perhelatan Pilwalkot mendapat dukungan penuh dari dua tokoh Luwu Raya-Toraja yang juga Anggota DPR RI Terpilih, yakni Irjen Pol (P) Drs. Frederik Kalalembang (Demokrat), dan Capt. Unru Baso (Gerindra).

Dengan dukungan, kolaborasi antara dua anggota DPR RI Terpilih dan Trisal-Akhmad jika diberi amanah nantinya duduk sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo, akan memberikan dampak signifikan terhadap kemajuan di Kota Idaman ini.
Sementara itu, anggota DPR RI Terpilih, Irjen Pol (P) Drs. Frederik Kalalembang (Demokrat) yang dihubungi Palopo Pos, siap dan all out memenangkan Trisal-Akhmad di Pilwalkot Palopo.

"Dengan bekal pengalaman di kemaritiman dan dukungan dari kami dua anggota DPR RI, tentunya harapan semakin besar membangun Kota Palopo bersama Trisal-Akhmad. Dimana ada 3 tugas utama DPR RI yakni, fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan. Nah, anggaran pusat ini sebanyak mungkin kita bawa ke daerah, salah satunya ke Kota Palopo untuk pembangunan sektor produktif," demikian Irjen Pol (P) Drs. Frederik Kalalembang yang juga Mantan Deputi Kebijakan Bakamla RI mengakhiri.(idr)

  • Bagikan