Paslon Bupati Luwu Timur Isrullah-Usman Janji Bangun Pabrik Industri Rumput Laut

  • Bagikan
Tampak Balon Wakil Bupati Luwu Timur, H Usman Sadik, di tengah acara lomba mengikat rumput laut katonik di Desa Tampinna, Kecamatan Angkona.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, ANGKONA -- Pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, Isrullah Achmad - Usman Sadik, berjanji akan membangun pabrik industri rumput laut di Luwu Timur. Industri rumput laut ini perlu dibangun, mengingat wilayah Luwu Timur mulai dari ujung Burau hingga ke ujung Malili, masyarakatnya banyak yang berprofesi sebagai petani rumput laut. Selain itu, jika industri ada, maka pasar untuk komoditi ini tidak lagi jauh.

“Di Luwu Timur, 80 persen masyarakatnya petani. Dan untuk petani rumput laut juga banyak, itu dapat dilihat dari ujung Burau hingga ujung Malili, untuk itu petani rumput laut juga harus mendapat perhatian dalam pengelolaan hasil budidaya mereka berupa industri, ini penting guna memperbaiki taraf hidup ekonomi mereka," kata Usman Sadik, di sela acara lomba mengikat rumput laut katonik di Desa Tampinna, Kecamatan Angkona.

Selama ini, kata Usman, penghasilan para petani pembudidaya rumput laut di Luwu Timur diketahui masih minim.

Ini disebabkan, salah satunya karen daya beli pengepul dibawa harga. Selain itu hasil panen budidaya ini juga dibawa keluar Luwu Timur untuk diolah, ini disebabkan karena tidak tersedianya industri pengolahan.

"Makanya, jika kami terpilih nanti, salah satu program unggulan kami yakni membangun industri rumput laut," sebutnya.

Dirinya mengatakan paham betul dengan kebutuhan petani. Sebab ia adalah anak petani. Dan ia juga tahu persis kesusahan petani serta apa yang dibutuhkan oleh petani itu sendiri.
''Jadi Insya Allah jika kami terpilih, apa yang menjadi kesusahan perani nanti diatasi," janji Usman Sadik.

Untuk diketahui, dalam lomba mengikat rumput laut ini, diikuti oleh ratusan peserta yang didominasi oleh emmak-emmak serta remaja putra dan putri. Dimana mereka sangat antusias mengikuti lomba ini demi mendapatkan hadiah yang disediakan oleh tim Isrullah-Usman. Dengan syarat siapa yang terbanyak dan tercepat serta rapi dalam mengikat rumput laut katonik.(akmal)

  • Bagikan