SMAN 1 dan SMKN 1 Palopo Menjadi Mitra UNCP

  • Bagikan

* Dalam Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Digital melalui Kegiatan Lesson Study

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Tim dosen Universitas Cokroaminoto Palopo yang terdiri atas Rahmawati Upa, S.Pd.I.,M.Pd., Dr. Hafirah Patang, S.S.,M.Hum., dan Rosmiati, S.Pd.,M.T. dibantu oleh tiga mahasiswa UNCP (Nurul Hikma, Nurthasya Ramadhani, dan Lini Nur Adhilah) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan bagian dari Hibah Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbudristek tahun 2024.

Rangkaian kegiatan PKM diawali dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan pada bulan Juli 2024 yang dihadiri oleh Kepala UPT SMAN 1 Palopo (Syukur, S.Pd.,M.M.), Kepala UPT SMKN 1 Palopo (Ridwan, S.T.,M.Si.) serta perwakilan guru mitra dari masing-masing sekolah. Rahmawati Upa, S.Pd.I.,M.Pd., selaku Ketua Tim menjelaskan bahwa PKM ini berfokus pada peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran diferensiasi berbasis digital dan dikemas melalui kegiatan Lesson Study (LS). Turut hadir pula Reski Yusrini Islamiah Yunus, S.Pd.,M.Pd. sebagai narasumber FGD yang menguatkan bahwa LS merupakan program unggulan dari FKIP UNCP.

“Kami dari SMAN 1 Palopo sangat berterimakasih kepada UNCP karena kembali dijadikan sebagai mitra PKM dan tentunya sebagai Kepala Sekolah saya berharap kompetensi guru Bahasa Inggris kami akan meningkat melalui program ini” ucap Syukur, S.Pd,.M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Palopo. Hal senada juga disampaikan oleh Ridwan, S.T.,M.Si. selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Palopo.

Sebelum pelaksanaan pendampingan di sekolah, tim dosen menyelenggarakan tiga workshop. Workshop pertama yaitu Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dengan mengundang Narasumber yang ahli dibidang tersebut yaitu Suardi, S.Pd.,M.Pd.

Workshop kedua bertema Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Guru melalui kegiatan Lesson Study dengan mengundang Prof. Dr. Rusdiana Junaid, Grad. Dipl. TESOL.,M.Hum.,M.A. sebagai narasumber.

Selanjutnya workshop ketiga berjudul Pembuatan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris dengan menghadirkan Ariswan, S.Kom. sebagai narasumber workshop.

Ketua Tim Dosen, Rahmawati Upa, S.Pd.I.,M.Pd. menyatakan bahwa para guru mitra telah siap melaksanakan Open Class di sekolah dengan bekal tiga materi yang diberikan pada workshop.
Saat berita ini diturunkan, telah dilakukan dua kali Open Class di SMKN 1 Palopo dengan guru model Riska Damayanti, S.Pd. dan diamati oleh para guru mitra lainnya.

“Telah terjadi peningkatan kompetensi guru yang cukup signifikan pada dua kali Open Class di sekolah. Semoga pada Open Class selanjutnya, kompetensi guru Bahasa Inggris semakin meningkat” ucap Rahmawati Upa. (ikh)

  • Bagikan