207 Kades akan Studi Tiru ke Bandung, Telan Anggaran Rp5,3 Miliar, Ini Kata Kajari Luwu

  • Bagikan
--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Luwu berencana akan membawa seluruh Kepala Desa plus perangkat desa untuk studi tiru ke lokasi wisata Desa Cibiru Wetan, Bandung - Jawa Barat.

Alokasi anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp5,3 miliar. Itu untuk 207 Kades di Luwu plus satu staf perangkat desa mengikuti kunjungan tersebut.

Kepala Kejaksaan Negeri Luwu, Zulmar Adi Surya mengaku sudah memonitor kegiatan tersebut. Ia tidak banyak berkomentar dan mengingatkan panitia penyelanggaranya untuk berhati-hati. "Kami sudah monitor," kata Zulmar yang dikonfirmasi Palopo Pos, Jumat, 13 September 2024.

Informasi yang dihimpun, setiap Kades bersama stafnya yang akan berangkat dengan biaya Rp13 juta. Biaya tersebut sudah termasuk akomodasi, transportasi, makan minum, pelatihan dan kunjungan wisata ke Bandung.

"Ini kegiatan yang mubasir dan tidak jelas manfaat yang bisa dirasakan masyarakat. Kami berharap Kejaksaan Negeri Luwu bisa memonitor kegiatan tersebut," ungkap Ismail Ishak, Ketua Forum Pemuda Pemantau Kinerja Eksekutif dan Legislatif (FP2KEL), Jumat kemarin.

"Tidak ada yang urgen dari agenda jalan-jalan ini, apalagi dalam kondisi keuangan Pemda yang tidak baik-baik saja. Sejatinya kegiatan itu tidak terlaksana," kata Ismail. (andrie islamuddin)

  • Bagikan