Klinik Utama Kana Hadirkan Layanan Konsultasi Psikiatrik Bersama dr.Ottorian Palinggi, Sp.KJ

  • Bagikan

dr.Ottorian Palinggi, Sp.KJ

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO- Layanan Psikiatri bersama dr.Ottorian Palinggi, Sp.KJ hadir di Klinik Utama Kana, gratiskan layanan konsultasi Psikiatri mulai Tanggal 18 – 20 September 2024.

Klinik Kana kini telah dilengkapi dengan layanan psikiatri mulai tanggal 17 September 2024.

Pimpinan Klinik Utama Kana dr.Budhi Karoma,Sp.M,MM kepada Palopo pos Selasa,17 September 2024 jelaskan bahwa Psikiater adalah dokter spesialis yang mendalami ilmu kesehatan jiwa dan perilaku (psikiatri). Psikiatri merupakan cabang ilmu medis yang berfokus pada diagnosis, pengobatan,serta pencegahan gangguan emosional/perasaan, pikiran, dan perilaku.Kehadiran dokter Spesialis Kedokteran Jiwa di klinik kana sebagai upaya dalam meningkatkan kesehatan Mental di Kabupaten Toraja Utara.

“Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan mental, kehadiran dokter spesialis kejiwaan di Kabupaten Toraja Utara akan semakin memaksimalkan pelayanan kesehatan secara holistik di daerah ini," ungkapnya.

“Sebagai salah satu klinik yang berkomitmen untuk memajukan kesehatan di Toraja Utara, Klinik Kana menghadirkan dokter Spesialis Kedokteran Jiwa. Langkah ini diambil sebagai bagian dari visi kami untuk menjadi pusat kesehatan yang terpercaya dan inovatif dalam memberikan layanan kesehatan mental berkualitas kepada masyarakat.Kita berharap bagi yang mengalami masalah kejiwaan tidak lagi malu untuk mengakses layanan Kesehatan," tandas dr. Budhi Karoma.

Sementara itu,dr. Ottorian Palinggi, Sp. KJ mengungkapkan bahwa mari kita bersama-sama melawan stigma atau label negatif dan memberi kesempatan lebih cepat dalam mendapatkan penanganan agar masalah kejiwaan tidak semakin berat.

"Harapan kita kedepan,
mereka yang mengalami masalah kejiwaan tidak perlu lagi malu, mereka leluasa dan tanpa beban mengatakan mereka sedang berobat, menunggu di poli jiwa,” harapnya.

Apakah Anda atau orang terdekat mengalami salah satu dari gejala berikut?
Sering merasa cemas berlebihandan panik tanpa alasan jelas ,takut berada di keramaian,takut ketinggian,takut berada dalam ruangan sempit,sulit tidur atau kualitas tidur yang buruk.Gangguan penyesuaian, burnout,stress pasca trauma karena bencana alam, pelecehan, dll (mengalami flasback, mimpi buruk),perubahan nafsu makan yang drastis, baik menurun atau meningkat,sedih atau perasaan hampa yang berkepanjangan (depresi atau bipolar),perubahan suasana hati yang cepat tanpa diketahui penyebabnya.

Kehilangan motivasi untuk menjalani aktivitas sehari-hari diantaranya rasa tidak berdaya atau putus asa,mencuci tangan berulang kali, mengecek pintu atau kompor berulang kali (OCD),pikiran untuk bunuh diri atau pernah mencoba melakukannya,halusinasi,seperti mendengar suara-suara yang sebenarnya tidak ada atau melihat bayangan-bayangan.
Masalah perilaku anak (gangguan perilaku menentang, gangguan pemusatan perhatian perilaku hiperaktif, Autisme),penyalahgunaan obat-obatan atau narkoba,pola pikir yang aneh dan tidak logis,gangguan makan (anoreksia dan bulimia) .

“Jika Anda mengalami salah satu atau lebih dari gejala di atas, penting untuk segera mendapatkan bantuan profesional. Layanan Psikiatri mencakup Konsultasi, diagnosis, perawatan kesehatan mental yang menyeluruh, dan terapi melalui pendekatan obat maupun melalui psikoterapi. Pendekatan terapi melalui Cognitive Behavior Therapy/CBT, psikoterapi psikodinamik, teknik relaksasi napas, maupun teknik grounding. Selain itu, Klinik Kana juga melayani tes MMPI dan berbagai psikometri mengukur kesehatan mental”, tutur dr. Ottorian Palinggi.

Diketahui untuk layanan Poli Psikiatri oleh dr. Ottorian Palinggi, Sp.KJ di Klinik Kana mulai pada hari senin hingga Jumat, pukul 17.00 – 20.00 WITA. Klinik Utama Kana ini berada di lokasi yang strategis, yakni daerah perkotaan yang cukup padat yang bertempat di Jl. Pongtiku, Kelurahan Karassik Kecamatan Rantepao ( Samping KFC Rantepao ).(Albert)

  • Bagikan

Exit mobile version