Lima Fraksi di DPRD Palopo Resmi Terbentuk, Berikut Ketuanya

  • Bagikan

25 anggota DPRD Palopo periode 2024-2029 mengikuti pelantikan beberapa waktu lalu.

PALOPOPOS CO ID, PALOPO-- DPRD Kota Palopo resmi menetapkan fraksi-fraksi. Terdapat lima fraksi terbentuk yang ditetapkan dalam sidang paripurna yang berlangsung di gedung DPRD Palopo, Sabtu, 14 September 2024.

Adapun lima fraksi tersebut yakni, Fraksi Nasdem, Golkar, PDIP, Gerindra, dan Demokrat.

Sementara, ada beberapa parpol lebih  memilih melebur ke fraksi lain dari pada membentuk fraksi gabungan seperti, PKS (1 kursi) melebur ke fraksi Golkar, Hanura (1 kursi) melebur ke fraksi Nasden dan PAN (2 kursi) melebur ke fraksi Demokrat.

Hal itu dikarenakan jumlah kursi atau keterwakilan anggota tiga parpol tersebut tidak memenuhi syarat membentuk fraksi utuh.

Ketua sementara, DPRD Palopo, Darwis mengatakan, terdapat lima Fraksi DPRD Palopo telah ditetapkan. Fraksi Nasdem dan Golkar memiliki jumlah keanggotaan fraksi yang sama yakni tujuh orang. Sementara, fraksi Demokrat beranggotakan lima orang.

"Dengan ditetapkannya fraksi-fraksi ini, maka langkah selanjutya  akan membentuk alat kelengkapan (alkep) seperti tingkat badan dan komisi," kata Darwis.

Legislator Nasdem ini menambahkan,  pembentukan fraksi keanggotaan  alat kelengkapan (alkep) ini mengacu kepada tata tertib.

Setiap fraksi akan mengajukan setiap anggotanya untuk menempati setiap alat kelengkapan. "Misalnya, di tingkat komisi dari fraksi mana yang akan menjadi ketua, wakil ketua dan sekretaris. Begitu juga dengan di tingkat badan, seperti badan kehormatan (BK) dan badan  pembentukan perda," terang Darwis.

Diketahui, hasil Pileg DPRD Palopo pada Pemilu 2024, Nasdem dan Golkar sama meraih enam kursi. Nasdem berada di tingkat teratas dan mendapat jatah sebagai ketua, kemudian Golkar wakil ketua 1 dan PDIP (3 kursi) sebagai wakil ketua 2. (Asrul syafruddin)

Susunan Keanggotaan Fraksi

Fraksi Nasdem

-Umar (ketua)
-Aldhy Adrial (wakil ketua)
-Chairil Natsir (sekretaris)
-Aris Munandar/Hanura
-Abdul Salam
-Hj. Rusmiani
-Darwis

Fraksi Golkar

-Awaluddin Saruman (ketua)
-Muh. Bastam/PSK (wakil ketua)
-Sadam (sekretaris)
-Elizabeth Rosminingsih Zakaria (anggota)
-Anita Oktaviana (anggota)
-Irfan Nawir (anggota)
-Harisal A Latif (anggota)

Fraksi PDIP

-AM. Tazar (ketua)
-Jabir (sekretaris)
-Alfri Jamil (anggota)

Fraksi Demokrat

-Cendrana Saputra (ketua)
-AKP Purn. Siliwadi/PAN (wakil ketua)
-Bata Manurun (sekretaris)
-Ely Niang/PAN (anggota)
-Rustan Taruk (anggota)

Fraksi Gerindra

-Nureny (ketua)
-Taming M. Somba (sekretaris)
-Chandra Ishak (anggota)

  • Bagikan

Exit mobile version