Pelantikan Kerukunan Keluarga Bulukumba Se Luwu Raya Berlangsung Khidmat, Tampilkan Tari Pabbitte Passapu

  • Bagikan

Suasana pelantikan pengurus KKB dilantik yang dihibur tarian.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pelantikan Pengurus Kerukunan Keluarga Bulukumba (KKB) Se Luwu Raya, berlangsung khidmat dan penuh kekeluargaan.

Tentunya, kegiatan yang dilaksanakan Minggu, 15 September 2024 merupakan momentum bersejarah bagi warga Bulukumba yang berdomisili di Luwu Raya.

Setelah kurang lebih satu dekade vakum secara organisatoris, organisasi paguyuban KKB kini bangkit kembali dengan penuh semangat.

Hal ini ditandai dengan pelaksanaan kegiatan Silaturrahim dan Pelantikan Pengurus KKB Cabang se Luwu Raya periode 2024-2029.

Dalam hal ini meliputi KKB Cabang Palopo, KKB Cabang Luwu, dan KKB Cabang Luwu Timur. Adapun KKB Cabang Luwu Utara akan menyelenggarakan pelantikan tersendiri.

Prosesi pelantikan yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPP KKB Drs. H.Andi Badi Sommeng, M.Si dan disaksikan oleh Sekretaris Kota Palopo Drs. Firmansyah DP, SH, M.Si tersebut berlangsung khidmat.

Andi Badi dengan tenang melantik dan mengambil sumpah masing-masing Ketua Umum KKB Cabang Palopo Sudirman Sanuddin, SKM, M.Kes., Ph.D, Ketua Umum KKB Cabang Luwu Amiruddin Gau, S.Pd., M.Pd dan Ketua Umum KKB Cabang Luwu Timur Abdul Kadir, S.Pd., M.Si., yang didampingi oleh pengurusnya masing-masing.

Prosesi pelantikan yang dikemas dengan konsep budaya khas Bulukumba tersebut juga menampilkan tarian khas Bulukumba “Pabbitte Passapu”.

Tarian unik yang sedang diperkenalkan ke dunia internasional tersebut berlangsung menarik dan meriah di Auditorium Saukotae Palopo.

Menurut Ketua Panitia, Gunawan Haris, S.Sos, demi originalitas dan kesakralan pementasan maka semua penari didatangkan khusus dari Kajang, Bulukumba.

Pementasan tari Pabbitte Passapu dan Dress Code hitam-hitam yang dikenakan peserta membuat suasana begitu hangat, meriah, dan penuh kekeluargaan.

Bahkan ada peserta yang menyatakan tiba-tiba rindu kampung halamannya.

Suasana akrab juga nampak antara peserta yang satu dengan yang lain.

Hal ini tentu wajar karena pertemuan langsung dengan keluarganya atau sekampungnya jarang terjadi. Apalagi setelah android begitu membumi.

Komunikasi secara Video Call dapat dilakukan setiap saat. Artinya, momentum ini sangat membantu mereka untuk saling melepas rindu secara langsung.

Dalam sambutannya, Ketua Umum KKB Cabang Palopo Sudirman Sanuddin, SKM, M.Kes, Ph.D yang mewakili Ketua Umum KKB Cabang se Luwu Raya menyampaikan bahwa kegiatan Silaturrahim dan Pelantikan Pengurus KKB se Luwu Raya ini merupakan tanda bahwa telah terjadi proses transformasi pengelolaan organisasi peguyuban dari sekadar silaturrahim menuju pengelolaan organisasi yang modern dan professional, serta banyak manfaat.

Baik bagi anggota, daerah domisili dan daerah asal (Bulukumba).

Proses ini tentu sangat penting di tengah tantangan hidup yang semakin rumit dan kompleks. Kita harus kembali yakin bahwa kebaikan yang tidak terorganisir bakal kalah dari kejahatan yang terorganisir.

Oleh karena itu, harus bersatu, berkolaborasi dan saling mendukung.

Atas pertimbangan itulah kemudian sehingga kegiatan ini mengangkat tema “Bersatu dan Maju Bersama dalam Prinsip Mali Siparappe- Tallang Sipahua.

Sedangkan Ketua Umum KKB Andi Badi Sommeng mengapresiasi bangkitnya Kembali KKB Cabang di seluruh Indonesia, termasuk di Luwu Raya ini.

“Saya ini keliling melantik, baru saja pulang dari Nunukan, perbatasan Malaysia-Indonesia, juga melantik pengurus KKB”, ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota Palopo Drs.H.Firmansyah DP, SH, M.Si yang mewakili Pj. Walikota Palopo menyambut baik pelantikan pengurus KKB Cabang Palopo. “Pemerintah Kota Palopo menyambut baik dan siap bermitra dan bekerjasama membangun Kota Palopo”, katanya.

Dalam kegiatan ini juga hadir Ketua-Ketua organisasi Peguyuban yang eksis di Kota Palopo. Hadir pula Ketua Umum BPP HILLSI, H. Amir Bakriyadi, S.Sos, MM. Seorang pengusaha nasional yang berasal dari Bulukumba. (*/uce)

  • Bagikan

Exit mobile version