764 Calon Maba IKB KJP Siap Menyongsong Masa Depan Cerah

  • Bagikan
Rektor IKB KJP Prof. Dr. Rusdiana Junaid, Grad. Dipl, TESOL, M. Hum., MA menyempatkan tanda pengenal ke perwakilan calon maba dalam kegiatan PKKMB, Selasa 17 September 2024. Nampak rektor, WR, Dekan, Kaporodi, staf, berfoto dengan calon maba IKB KJP. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

Ikuti PKKMB TA 2024-2025, Secara Offline dan Online

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Sebanyak 764 calon mahasiswa baru Institut Kesehatan dan Bisnis (IKB) Kurnia Jaya Persada (KJP) Palopo bersiap menyongsong masa depan cerah bersama IKB KJP.
Para calon maba ini sebelum mengikuti perkuliahan Tahun Akademik 2024-2025 yang akan digelar September ini, diwajibkan mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) selama tiga hari sejak dibuka, Selasa 17 September 2024 dan berakhir Kamis 19 September 2024 di Aula Kampus I IKB KJP, Jl. Pemuda Raya, Kelurahan Takkalala.

Pembukaan PKKMB dilakukan Rektor IKB KJP, Prof. Dr. Rusdiana Junaid, Grad. Dipl, TESOL, M. Hum., MA dihadiri para Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Ketua Prodi, staf dan para calon maba. PKKMB ini mengusung tema "Upgrade Diri, Upgrade Indonesia". Pembukaan dimulai dengan persembahan tarian selamat datang dari tiga penari UKM Seni IKB KJP.

Ketua Panitia PKKMB, Irmayanti, S.ST M.Keb dalam laporannya menjelaskan, PKKMB ini diikuti sebanyak 764 calon mahasiswa baru IKB KJP dari tiga fakultas. Yakni, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dengan rincian, S1 Kedokteran 17 orang, S1 Kebidanan 178 orang, S1 Keperawatan 124 orang, S1 Digital Bisnis 10 orang, S1 Manajemen Ritel 34 orang, D3 Kebidanan 10 orang, Profesi Ners 51 orang, Profesi Bidan 340 orang. Yang mengikuti secara offline sebanyak 159 orang, dan online 605 orang.

Sementara itu, Rektor IKB KJP, Prof. Dr. Rusdiana Junaid, Grad. Dipl, TESOL, M. Hum., MA dalam sambutan pembukaan PKKMB mengucapkan selamat datang kepada adik-adik calon mahasiswa baru IKB KJP. Tidak salah memilih melanjutkan pendidikan pasca tamat dari SMK/SMK di IKB KJP, karena ini adalah salah satu kampus swasta terbaik di Sulsel.

Sesuai dengan tema PKKMB tahun ini "Upgrade Diri, Upgrade Indonesia" sejalan dengan motto dari IKB KJP Bermutu, Berkarakter, dan Berwawasan Global.
Bermutu bermakna mahasiswa IKB KJP harus punya kualitas dalam setiap aktivitas. Dengan tema PKKMB ini, kita dituntut untuk meng-upgrade diri, meningkatkan kualitas individu, kelompok dan dengan begitu pada akhirnya nanti akan juga ter-upgrade di tingkat nasional.

Selanjutnya, Berkarakter bermakna para mahasiswa IKB KJP yang sudah bergabung di dalam keluarga besar IKB KJP harus memiliki sikap dan karakter yang baik.
Terakhir, Berwawasan Global bermakna, dengan menjadi bagian keluarga IKB KJP punya wawasan go internasional, yang saat ini sudah tidak ada batas dengan dunia luar. Apa yang terjadi di belahan dunia sana, dapat diketahui saat itu juga.
"Untuk itu, saya minta adik-adik calon maba ikuti PKKMB dengan seksama, ikuti materi narasumber dengan baik," kata Rektor IKB KJP sambil membuka kegiatan PKKMB.

Nantinya selama tiga hari mengikuti PKKMB, para calon maba akan menerima ilmu dari sejumlah narasumber, seperti, Kepala BNN Kota Palopo, Polres Palopo, Dandim 1403 Palopo, perwakilan Pemkot Palopo dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan, Keimigrasian, dan beberapa narasumber internal lainnya.

"PKKMB ini salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti calon mahasiswa baru, untuk mengenalkan dunia kampus sebelum memulai perkuliahan, dimana mereka sebelumnya bersekolah di SMA/SMK. Maka tentu ada transisi. Jadi selama 3 hari para maba ini diberikan pemahaman dari internal dan eksternal salah satunya tentang keimigrasian. Karena ke depan alumni IKB KJP siap bekerja di luar negeri," ujar Rektor.

Dari 764 calon maba IKB KJP ini di antaranya ada yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara,
Pembukaan PKKMB turut dihadiri WR 1 Rezkiyah Hoesny, S.Kep M.Kep, WR 2 Hermawati Hamalding SKM M.Kes, WR 3 Munafrin Hoesny S.Psi M.Kes, Dekan Fak. Ekonomi dan Bisnis, Abri Hadi S.Kom M.Kom CDMS. Ketua LPM Ns.Sugiyanto SH S.Kep M.Kep, Ns. Sumiati S.Kep M.Kes, Bd. Samsinar S.ST M.Kes. (idr)

  • Bagikan