Hari Pelanggan Nasional, PLN UP3 Palopo Sinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan Gelar Lomba Cipta Menu B2SA Pakai Kompor Induksi Tingkat Kota Palopo

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palopo bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kota Palopo sukses menyelenggarakan acara Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) tingkat Kota Palopo. Acara ini berlangsung meriah pada 18 September 2024 di Lapangan Tennis Indoor Saokotae.


Acara ini dihadiri oleh Forkopimda Kota Palopo, Ketua Penggerakan PKK Kota Palopo dan para peserta lomba masak yang berasal dari setiap kecamatan serta umum. Kolaborasi antara PLN UP3 Palopo dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Palopo ini menunjukkan komitmen bersama dalam mendukung ketahanan pangan dan mengedukasi masyarakat tentang penting nya pola makan sehat. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang promosi untuk memperkenalkan electrifying lifestyle kepada masyarakat luas melalui penggunaan kompor induksi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Palopo, Ibu Andi Enceng menyampaikan Lomba Cipta Menu B2SA ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dalam menyusun menu makanan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman, sekaligus mendukung gerakan konsumsi pangan lokal. Selain itu acara ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk mengaplikasikan gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan seperti komporl listrik, air fryer, dan yang lainnya. Acara ini diikuti oleh perwakilan kecamatan sekota palopo dan berbagai kelompok masyarakat umum yang berkompetisi menyajikan menu-menu sehat berbahan dasar lokal. Bahan dasar lokal yang disediakan yaitu Sagu, Jagung dan ayam.

Lomba berlangsung dengan meriah dan penuh semangat, diikuti oleh beberapa peserta yang telah menampilkan berbagai kreasi menu yang inovatif. Terlihat dari para peserta dengan kreativitas masing - masing menyajikan makanan - makanan yang belum pernah di buat sebelumnya menggunakan bahan dasar yang telah disiapkan oleh panitia. 



Rathy Shinta Utami, manajer PLN UP3 Palopo juga menyampaikan dukungan penuh terkait lomba masak Cipta Menu yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan. “Kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang diadakan oleh PLN dan Dinas Ketahanan Pangan. Kami juga ingin mengedukasi masyarakat bahwa kompor induksi merupakan kompor yang ramah lingkungan dan menjadi solusi alternatif selain kompor gas yang ada saat ini.” Pungkas Rathy



“Masih dalam moment hari Pelanggan Nasional, PLN berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Tentunya kita sebagai masyarakat Indonesia memberikan dukungan penuh kepada pemerintah untuk mencapai Net Zero Emision tahun 2060. Penggunaan kompor induksi salah satu langkah kita sebagai masyarakat untuk mengurangi emisi dalam penggunaan sehari - hari. Harapan kami adalah semua masyarakat menjadi bagian dari program pemerintah dengan penggunaan energi bersih dan peralatan - peralatan non gas.”Tutup Rathy



Setelah melalui proses penilaian oleh juri, maka didapatkan hasil sebagai berikut:

Peringkat Pemenang Lomba Cipta Menu B2SA Tahun 2024:

1. Juara I: TP. PKK Kecamatan Wara Selatan
2. Juara II: Adellia Dian Nataza & Irawati Sari
3. Juara III: Malasari dan Lindasari
4. Harapan I: TP. PKK Kecamatan Wara Utara
5. Harapan II: Yulianti Rapa dan Ruth
6. Harapan III: Riska dan Mustiara
7. Favorit I: Marthina & Rukia
8. Favorit II: TP. PKK Kecamatan Mungkajang
9. Favorit III: TP. PKK Kecamatan Wara Timur



Adellia Dian Nataza, salahsatu pemenang Lomba Cipta Menu ini mengatakan bahwa penggunaan kompor induksi ini sangat mudah dan masakan cepat matang. Mudah banget untuk mengatur tingkat suhu dari kompor induksi karena pada kompor induksi sudah ada tombol yang digunakan untuk menggoreng, menumis atau bahkan mendidihkan air. Sangat Mudah!”Tandasnya

Selain memperkuat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya konsumsi pangan lokal yang bergizi, Lomba Cipta Menu B2SA diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penggunaan energi ramah lingkungan yang tujuan akhirnya bisa bersama sama menyelamatkan bumi.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi dan kreativitas dalam Lomba Cipta Menu B2SA Tahun 2024.(rls/idr)

  • Bagikan

Exit mobile version