Tim Dosen UMPalopo Bersama Dinas Pertanian Pelatihan Hidroponik kepada Kelompok Tani Wanita

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Tim dosen dari Universitas Muhammadiyah Palopo bersama Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo berkolaborasi dalam Program Program Dana Padanan (Matching Fund) Kedaireka Kemendikbud RI Tahun 2024.

Kegiatan yang dimaksud adalah Pelatihan Hidroponik yang digelar di Maika Cafe & Resto, Rabu-Kamis, 28-29 Agustus 2024.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo, Muhammad Ibnu Hasyim, S.STP mengatakan dalam konteks pertanian modern yang ditandai teknologi dan inovasi.

Hal ini dikarenakan semakin langkanya lahan pertanian akibat dari banyaknya sektor industri dan jasa, sehingga kegiatan usaha pertanian konvensial semakin tidak kompetitif karena tingginya harga lahan.

Teknologi budidaya pertanian dengan sistem hidroponik dijadikan salah satu alternatif bagi masyarakat yang mempunyai lahan terbatas atau pekarangan, sehingga dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan yang memadai. Hidroponik juga ramah lingkungan karena air yang dibutuhkan tidak sebanyak berkebun secara konvensional. Penyiraman dan pemupukan dilakukan sekaligus yang dialirkan bersama-sama ke tanaman sehingga memudahkan pekerjaan dan tepat sasaran.

Tidak dibutuhkan lahan yang luas karena penanaman secara hidroponik tidak menggunakan tanah. Laju pertumbuhan tanaman yang dibudidayakan secara hidroponik bisa mencapai 50% lebih cepat dibanding tanaman yang ditanam di tanah pada kondisi yang sama.

Dengan adanya hubungan keterkaitan antara pemerintah dengan kelompok wanita tani perkotaan, maka akan ada keterikatan yang mencukupi kebutuhan masyarakat dan kebermanfaatan bagi masyarakat perkotaan dapat terwujud dengan semangat kolaborasi dan keberlanjutan.

Sementara itu, Perhindo Palopo Basri Asmawi, S.P dikatakan air yang paling bekerja itulah mengapa disebut hidroponik (hydro = air ; ponos = kerja).

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman hidroponik yaitu Cahaya (Durasi Penyinaran dan Energi Cahaya), Air (nutrisi,pH, Suhu Air, Oksigen Terlarut), Udara (Suhu,kelembaban dan kadar O2) dan Internal (Gen,Hormon dan kualitas Benih). Sistem hidroponik terbagi atas 6 yaitu wick system, deep water cultura (DWC0, Nutrisi File Technique, Sistem DFT, Aeroponics system dan Drip System.

Sistem hidroponik yang paling sederhana yaitu wick system. Sistem ini menggunakan sumbu sebagai suplai larutan nutrisi ke akar tanaman sebelum akar tanaman bisa mencapai larutan nutrisi dengan sendirinya. Tips Berhidroponik yaitu Lokasi terpapar sinar matahari min 8 jam perhari, terjaga dari hujan, cek ppm dan pH min tiap 3 hari sekali.

Hadir juga Kepala Balai Pertanian Kecamatan se-Kota Palopo, Penyuluh Pertanian Kota Palopo, Kelompok Wanita Tani Janur, dan Petani Milineal. (rls/idr)

  • Bagikan

Exit mobile version