TP PKK Palopo Kolaborasi dengan PLN UP3 Palopo Gelar Lomba Cipta Menu B2SA Berbahan Pangan Non-Beras dan Non-Terigu

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOO -- Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo, Ilham Hamid, SE.,M.Si., mewakili Pj. Wali Kota Palopo Membuka secara resmi kegiatan lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbahan Pangan Lokal non Beras dan non Terigu tahun 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Palopo bekerjasama dengan TP-PKK Kota Palopo dan PT. PLN (Persero) UP3 Kota Palopo ini, digelar di Indoor Saokotae, Rabu (18/09/2024).

Kadis Ketahanan Pangan Kota Palopo, Andi Enceng Amir, S.E., M.Si., melaporkan kegiatan ini diadakan sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan diversifikasi pangan.

“Hal ini bertujuan mendorong pemanfaatan bahan pangan lokal yang lebih beragam, bergizi seimbang dan aman, serta mengurangi ketergantungan masyarakat pada bahan pangan beras dan terigu,” kata Andi Enceng.

Lomba kali ini, kata Enceng, menjadi lebih spesial dengan penggunaan kompor listrik yang disupport oleh PT. PLN UP3 Kota Palopo yang merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat mengenai penggunaan energi yang lebih bersih, lebih efisien, hemat energi, ramah lingkungan dan aman untuk digunakan dalam kegiatan memasak sehari-hari.

“Peserta lomba berjumlah 20 tim. 11 tim dari masyarakat umum, dan 9 tim merupakan perwakilan TP PKK Kecamatan se-Kota Palopo,” katanya.

“Setiap tim akan menyajikan menu yang memenuhi kriteria B2SA berbahan pangan lokal seperti ayam, jagung, sagu dan dikombinasi dengan bahan pangan lainnya yang kaya akan nutrisi dan mudah diakses oleh masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo, Ilham Hamid, dalam sambutannya mengatakan, berkaitan dengan pelaksanaan lomba ini salah satu isu dan konsentrasi pemerintah saat ini yakni, memastikan ketersediaan dan ketahanan pangan yang berkualitas bagi masyarakat.

“Sesunggunya hal itu menjadi tugas dan tanggung jawab bersama, sesuai dengan kapasitas yang kita miliki,” kata Ilham Hamid.

Tim Penggerak PKK beserta segenap kaum ibu atau wanita, kata Ilham, memiliki kesempatan baik dalam momentum program pengembangan ketahanan pangan.

“Dengan senantiasa memotivasi masyarakat, agar berupaya menyiapkan ragam menu bagi keluarga masing-masing secara proporsional, tak perlu mahal yang penting sehat dan aman bagi keluarga,” katanya.

Lomba yang dilaksanakan ini, lanjut Ilham, hendaknya tidak dimaknai secara seremonial saja, tetapi sedapat mungkin dijadikan sebagai wahana penguatan komitmen bersama dalam memantapkan kemandirian pangan lokal sekaligus pelestarian Sumber Daya Alam dengan memanfaatkan hasil potensi pangan daerah yang kita cintai ini.

“Tidak sedikit menu lokal yang sehat dan aman dapat diperkenalkan kepada masyarakat dan jika itu mampu dilakukan secara konsisten, dikelolah dengan baik dan profesional, bukan tidak mungkin menu pangan lokal di daerah ini dapat menarik perhatian masyarakat dari daerah lainnya di tanah air,” jelasnya.

“Karena itu, inovasi dan atau modifikasi terhadap menu pangan lokal perlu digagas dengan tidak menanggalkan ciri khas yang telah melekat padanya,” tandasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, pimpinan perangkat daerah, Forkopimda Kota Palopo, Ketua TP-PKK Kota Palopo, Manager PT. PLN UP3 Palopo, serta para tamu undangan lainnya.(hms/idr)

  • Bagikan