Bawaslu Luwu Timur Ajak Perempuan Turut Awasi Pilkada

  • Bagikan
Sosialisasi pengawasan partisipatif segmen perempuan pada Pilkada serentak 2024 di Aula Kantor Camat Tomoni Timur. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMONI TIMUR -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Luwu Timur mengajak para kaum perempuan di Kecamatan Tomoni Timur agar bisa berpartisipasi dalam pengawasan Pilkada 2024.

Pasalnya, kaum perempuan itu dilibatkan, mengingat karena terbatasnya jumlah personel pengawas yang ada di lapangan. Demi tercapainya Pilkada yang jujur dan adil dan bermartabat.

"Kami dari pengawas pemilu sangat terbatas, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa. Oleh karena itu, kami mengajak kaum perempuan untuk turut membantu dalam pengawasan tahapan Pilkada yang sedang berproses. Keterlibatan perempuan disetiap tempat sangat penting guna mendukung pelaksanaan Pilkada yang jujur dan adil," ungkap Devisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas, Sulkifli, dalam sosialisasi pengawasan partisipatif segmen perempuan pada Pilkada serentak 2024 yang berlangsung di Aula Kantor Camat Tomoni Timur.

Acara itu dihadiri puluhan kaum perempuan yang ada di Kecamatan Tomoni Timur. Serta dihadiri pula para pengawas kecamatan, desa dan kelurahan yang ada di daerah ini.

Selain mengajak kaum perempuan untuk turut membantu dalam pengawasan Pilkada, Sulkifli juga berharap agar perempuan yang hadir dalam sosialisasi ini turut berpartisipasi dalam pengawasan rekrutmen pengawas TPS yang akan dilakukan Bawaslu.

Dimana pengawas TPS ini nantinya yang akan bertugas pada hari pencoblosan disetiap TPS.
"Jadi keterlibatan kaum perempuan ini sangat diharapkan. Dan saya berharap kepada para peserta yang hadir dalam sosialisasi dapat bersedia mendaftar sebagai pengawas TPS, sehingga pengawasan bisa lebih maksimal,” terang Sulkifli, Rabu 18 September 2024.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Tomoni Timur, Gede Rama, mengakui bahwa jumlah personil pengawas memang terbatas, baik Panwaslu Kecamatan maupun Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa yang untuk mengawasi delapan desa dan 21 TPS di wilayah Kecamatan Tomoni Timur.

Untuk itu keterlibatan masyarakat, terutama kaum perempuan sangat diperlukan untuk memperkuat pengawasan di Pilkada 2024 ini.(akmal)

  • Bagikan