Persib vs Port FC di ACL 2: Asnawi Cs Tantang Maung Bandung, Mesin Gol David da Silva Absen

  • Bagikan
Asnawi Mangkualam Bahar

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BANDUNG-- Kapten timnas Indonesia, yang kini memperkuat klub Thailand Port FC, Asnawi Mangkualam Bahar akan menantang Persib Bandung di ajang di AFC Champions League (ACL) 2 2024/2025 Kamis, 19 September 2024.

Pada parta ini, Maung Bandung -julukan Persib- malam masih belum bisa diperkuat oleh bomber haus golnya David da Silva.

Sesuai jadwal, duel Persib vs Port FC akan diselenggarakan di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Laga ini bakal dimainkan pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB atau pukul 20.00 Wita. Duel ini merupakan laga pembuka grup F ACL 2.

Di atas kertas, pertarungan Persib vs Port FC diprediksi bakal sengit. Sebab keduanya saat ini sama-sama sedang berada di papan atas liganya masing-masing.

Persib contohnya, kini menempati urutan keempat dengan 9 poin dalam 5 pertandingan di Liga 1 2024/2025. Sementara Port FC ada di posisi kedua dengan 14 poin dalam 6 pertandingan di Thai League 1 2024/2025.

Bojan Hodak selaku pelatih kepala Persib mengatakan, pertarungan kontra Port FC dipastikan tidak akan mudah. Pasalnya, sang tamu bukanlah lawan sembarangan. Mereka punya kualitas mumpuni di Liga Thailand.

“Ini akan menjadi laga yang berat, karena Port adalah tim yang sangat kuat dan dalam 10-15 tahun terakhir merupakan salah satu tim terkuat di Thailand, selalu berada di posisi 3-4. Kami menilai mereka memiliki pemain bagus dan akan bermain dengan sebelas pemain terbaiknya,” kata Hodak dalam konferensi pers menjelang pertandingan.

Tantangan semakin berat karena Persib dihantam sejumlah masalah jelang menghadapi Port FC. Mulai dari jadwal padat hingga ada beberapa pemain yang berpotensi absen. Salah satunya yang sudah fix adalah David da Silva.

"David belum siap dan akan melewatkan pertandingan ini. Dia telah berlatih bersama fisioterapis di lapangan dan melakukan segala gerakan, tapi belum bergabung di dalam sesi latihan bersama tim," ungkap sang pelatih.

"Tapi kami harus memainkan banyak pertandingan dalam waktu yang pendek, tapi akan tetap bermain dan mengerahkan kemampuan terbaik,” imbuh Hodak.

Selain dihadapkan masalah internal tim, Persib juga berpotensi mendapatkan masalah dari luar. Yakni dari kehadiran Asnawi Mangkualam Bahar, pemain Timnas Indonesia di kubu Port FC.

Asnawi tidaklah asing dengan Persib. Keduanya pernah saling berhadapan, tepatnya ketika sang pemain masih membela PSM Makassar sebelum memutuskan abroad. Hodak pun mengakui potensinancaman itu.

"Sekarang dia bermain di Thailand (Port FC) dan menjadi pemain penting. Dia juga tahu banyak hal dan membagikan informasi itu. Tapi pada akhirnya, ini adalah pertandingan berdurasi 90 menit. Tentu, dia akan membantu timnya memberikan informasi, tapi kami juga bisa memberikan kejutan," ucap Hodak.

Lantas bagaimana dengan kubu Port FC? Pelatih Rangsan Vivatchaichok juga waspada. Ia menganggap Persib adalah tim sarat kualitas yang dapat menyulitkan timnya.

Apalagi, Persib akan berstatus tuan rumah pada laga malam nanti. "Persib Bandung merupakan tim yang bagus dan mereka akan lebih kuat karena bermain di kandang. Kami harus mengatasinya dan memainkan sepak bola yang bagus di sini untuk fans dari Port dan Persib juga,” kata Vivatchaichok.

Tapi, Rangsan Vivatchaichok juga tak ingin diam begitu saja. Dia berjanji bahwa Port FC akan melakukan segala cara untuk mencuri poin dari Bandung. Salah satunya dengan mengandalkan Asnawi Mangkualam.

“Kami juga mempunyai satu pemain dari Indonesia, Asnawi jadi saya rasa fans Indonesia akan hadir mendukung Persib dan mendukung Asnawi juga,” ungkapnya.

Ini akan menjadi pertemuan perdana Persib vs Port FC. Ya kedua tim sebelumnya tak pernah bentrok dalam ajang apapun sehingga sulit untuk diprediksi siapa yang akan keluar sebagai pemenang.

Namun jika berkaca dari situasi dan kondisi yang ada, dapat dipastikan pertandingan malam nanti akan berlangsung ketat dan sengit. Soal hasil, kemungkinan duel Persib vs Port FC berakhir dengan sama kuat.

REKOR PERTEMUAN PERSIB VS PORT FC

  • Persib Bandung dan Port FC belum pernah bersua sebelumnya.

Hasil lima pertandingan terakhir Persib Bandung:

09/08/24 - Persib Bandung 4-1 PSBS Biak
19/08/24 - Dewa United 2-2 Persib Bandung
25/08/24 - Persib Bandung 1-1 Arema FC
11/09/24 - PSM Makassar 0-0 Persib Bandung
15/09/24 - Persib Bandung 2-1 PSIS Semarang

Hasil lima pertandingan terakhir Port FC:

19/08/24 - Port FC 5-1 Chiangrai United
24/08/24 - Khonkaen United 1-2 Port FC
27/08/24 - Port FC 4-1 Sukhothai
01/09/24 - Ratchaburi 2-2 Port FC
12/09/24 - Port FC 0-0 Buriram United

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Persib Bandung (4-3-3): Kevin Ray Mendoza; Kakang Rudianto, Nick Kuipers, Gustavo Moreno, Edo Febriansah; Adam Alis, Dedi Kusnandar, Mateo Kocijan; Tyronne del Pino, Dimas Drajad, Ciro Alves;

Pelatih: Bojan Hodak

Port FC (4-2-3-1): Worawut Srisupha; Suphanan Bureerat, Chalermsak Aukkee, Issac Honey, Kevin Deeromram; Asnawi Mangkualam, Noboru Shimura; Pathompol Charoenrattanapirom, Peeradon Chamratsamee, Bordin Phala; Willen Mota;

Pelatih: Rangsan Vivatchaichok. (jp/pp/uce)

  • Bagikan

Exit mobile version