Pembangunan Andi Sudirman Kini Dinikmati Manfaatnya di Bantaeng, Tak Khawatir Banjir Kalau Terjadi Hujan

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID BANTAENG - Masyarakat Kabupaten Bantaeng khususnya di wilayah perkotaan tidak lagi khawatir banjir jika dilanda hujan. Hal itu atas hadirnya pembangunan Cekdam Kasiping yang terletak di Desa Bonto Tiro, Kecamatan Sinoa, Kabupaten Bantaeng.

Hadirnya cekdam ini tidak lepas dari dukungan dari Andi Sudirman Sulaiman semasa menjabat Gubernur Sulsel Periode 2021-2023. Hadirnya pembangunan cekdam ini berhasil direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui alokasi bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan TA 2022 lalu senilai Rp 7 miliar. Cekdam ini diresmikan oleh Andi Sudirman Sulaiman pada 2023 lalu.

Salah satu warga Bantaeng, Fatimah mengaku, “dulu kalau hujan sedikit bahkan lebat, pasti banjir lagi di daerah kota (Bantaeng), apalagi dekat Pasar. Sekarang adami Cekdam, tidak banjirmi. Tidak khawatir meki yang tinggal di Kota, kalau lagi hujan,” tuturnya.

Bupati Bantaeng Periode 2018-2023, Ilham Azikin juga mengakui kepedulian Andi Sudirman Sulaiman terhadap pembangunan di Kabupaten Bantaeng. Sejumlah capaian pembangunan itu juga telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Hadirnya Cekdam Kasiping membuat masyarakat di beberapa wilayah yang rawan banjir dan genangan, alhamdulillah kini bisa tenang dalam beraktivitas,” jelasnya.

Selain cekdam kasiping, daerah yang akrab disebut Butta Toa ini juga menjadi salah satu sasaran hadirnya PSU air siap minum (arsinum) oleh Pemprov Sulsel. Program prioritas Andi Sudirman kala itu, menghadirkan arsinum di di Kawasan Pesisir Desa Bonto Jai, Kecamatan Bisappu, Kabupaten

“Program Pak Andalan di Bantaeng dirasakan manfaatnya bagi Masyarakat, karena terkait dengan kebutuhan dasar. Infrastruktur Cekdam Kasiping, Arsinum di daerah pesisir menjadi solusi bagi Masyarakat,” tuturnya.

Banyak pembangunan lainnya yang telah dilakukan Andi Sudirman Sulaiman di Bantaeng. Satu diantaranya juga pernah mengucurkan Rp 5 miliar Bantuan Keuangan Daerah untuk menangani ruas jalan Kayu Loe – Lannying yang kini telah dimanfaatkan.(rls/idr)

  • Bagikan

Exit mobile version