Komjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca dan Irjen Pol (P) Frederik Kalalembang, Dua Saudara Berhasil Meraih Jabatan Strategis di Polri dan DPR RI 2024

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan surat telegram yang berisi mutasi dan rotasi sejumlah perwira tinggi kepolisian. Dari nama jenderal yang disebut, salah satunya Irjen Pol Drs. Verdianto Iskandar Bitticaca sebagai Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi (Astamaops). 

Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca sebelumnya menjabat sebagai Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops), yang nantinya akan naik satu tingkat menjadi Komjen (bintang 3).

Keputusan itu tertuang dalam Surat Telegram (ST) nomor ST/2100/IX/2024 yang ditandatangani As SDM Kapolri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, tanggal 20 September 2024.

Diketahui Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca adalah salah satu Putra terbaik Toraja yang berkarir di institusi Polri.

Diangkatnya Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca pada jabatan strategis, juga merupakan kabar gembira bagi sahabatnya Irjen Pol (P) Drs. Frederik Kalalembang, yang kini lolos sebagai Anggota DPR RI Periode 2024-2029.

Saat ini JFK sedang mengikuti pembekalan Wawasan Nusantara dari Lemhanas, yang pada 1 Oktober 2024 mendatang akan dilantik sebagai Anggota DPR RI.

Perjalanan mereka berdua (Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca dan Irjen Pol (P) Drs. Frederik Kalalembang) cukup cemerlang. Selama di Polri Irjen Pol (P) Drs Frederik kalalembang yang menyelesaikan tugasnya sebagai Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI namun melanjutkan prastasi gemilang di Legislatiaf yang berhasil lolos ke DPR RI Periode 2024-2029 sedangkan Irjen Pol Drs. Verdianto Bitticaca Asops Kapolri mendapat Jabatan Baru sebagai Astamaops dengan Pangkat Komjen Polisi.

Beliau berdua adalah suadara dan se-Angkatan Akpol 88 dan keduanya mendapat promosi.

"Kami bertiga Irjen Pol Drs Verdianto Bitticaca dan Irjen Pol (P) Dr. Aris Budiman Bulo sama-sama mendaftar AKABRI tahun 1985 dan kami menyelesaikan pendidikan Tahun 1988 dan puji Tuhan kami bertiga bisa menyelesaikan dengan baik terakhir Irjen Pol Aris sebagai Kapolda Kepri dan sekarang sebagai Komisaris di PT Pupuk Kaltim," ungkap JFK.

Selama Purna tugas sebelum lolos ke DPR RI, Irjen Pol (P) Frederik Kalalembang juga mengelola usaha pertambangan Nikel di Kolaka Sultra PT.Waja Inti Lestari. Usaha sudah dikerjakan sebelum purna tugas bersama teman-teman dikendari. Di bidang hukum, JFK juga membentuk Law Firm JFK yang bertujuan membantu masyarakat, saudara-saudara, teman-teman kita yang bersentuhan masalah hukum, demikian JFK mengakhiri.

Sementara itu, Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca mengatakan bahwa semua ini tidak terlepas dari berkat dan kemurahan Tuhan serta bekerja keras dengan hati.

"Indah pada waktunya, saya hanya bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja dengan hati, nanti semua kita serahkan ke penilaian pimpinan dan Tuhan yang menentukan," ungkap Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca pada Sabtu (21/9/2024).

Diketahui Verdianto lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang brimob, pada tahun 2020 ia dipercaya menjadi Kepala Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Kakorpolairud), tidak berselang lama pada 2022, Verdianto ditunjuk menjadi Kapolda Sulawesi Barat menggantikan Irjen Pol Eko Budi Sampurno.(idr)

  • Bagikan

Exit mobile version