Kebakaran Lahan Akibat Bakar Sampah, Personel Polres Tator Bantu Padamkan Api

  • Bagikan

Porles Tana Toraja bersama TNI, petugas Damkar dan masyarakat setempat padamkan api yang membakar lahan kosong di lingkungan Rante To' Bone Kelurahan Rante, Kecamatan Makale, Tana Toraja, Minggu (22/9/2024). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Peristiwa kebakaran lahan kosong terjadi di lingkungan Rante To' Bone Kelurahan Rante, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu (22/9/2024).

Personel Polres Tana Toraja bersama TNI dan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) gotong-royong mencegah meluasnya api dengan cara memadamkan menggunakan mobil Damkar.

Hal itu dilakukan untuk mencegah meluasnya kebakaran ke area pemukiman.

Kapolsek Makale, AKP Yohanis mengatakan menerima laporan masyarakat bahwa terjadi kebakaran sekitar lahan warga.

Kemudian, Yohanis perintahkan jajaran Polsek Makale mendatangi langsung dan berusaha memadamkan titik api agar tidak merembet.

“Dengan jangka waktu dua jam, api dapat dipadamkan dan syukur tidak merembet ke pemukiman warga yang tidak jauh dari lokasi kejadian,” tuturnya.

AKP Yohanis menambahkan, peristiwa itu berawal dari salah seorang warga sekaligus pemilik lahan yang sedang membakar sampah.

Sampah dibakar sangat berdekatan dengan lahan hutan yang terdapat banyak pohon pinus.

“Kemudian api berhembus kencang sehingga menyebar ke lahan pinus,” ujar Yohanis.

Kapolsek Makale menerangkan tidak ada korban jiwa pada kebakaran lahan.

Namun, dipastikan luas lahan terbakar kurang lebih 1 hektare.

Di lokasi kejadian, Polres Tana Toraja mengimbau masyarakat sekitar agar tidak membakar sampah atau rumput di sembarang tempat.

“Agar tidak membakar sampah sembarangan dan dengan sengaja melakukan pembakaran lahan atau hutan karena itu dapat melanggar hukum dan dikenakan sanksi pidana,” tutup Yohanis. (Risna)

  • Bagikan

Exit mobile version