Tingkatkan Semangat Penggunaan Energi Bersih, PLN UP3 Palopo Gelar Palopo Green Energy Expo 2024 di Hari Pelanggan Nasional

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO - Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, PLN UP3 Palopo menggelar PALOPO GREEN ENERGY EXPO 2024 yang diadakan di Titik 0, Kota Palopo pada 19 - 21 September 2024. Acara ini bertemakan Kampanye Green Energy kepada seluruh warga Kota Palopo, Luwu Raya dan Tana Toraja.

Palopo Green Energy Expo 2024 ini menghadirkan sejumlah acara dan kegiatan diantaranya Pameran Kelistrikan, Tenant UMKM dan Superstar Dangdut. Acara ini turut pula dihadiri oleh Forkompimda Kota Palopo. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ade Chandra, S.IP., M.Si mewakili Pj. Wali Kota Palopo menghadiri Palopo Green Expo 2024 di Titik Nol Kilometer, Kamis (19/09/2024).

Rathy Shinta Utami, Manajer PLN UP3 Palopo dalam sambutannya menyampaikan dalam Palopo Green Energy Expo 2024 kali ini mengajak masyarakat untuk aktif dan turut serta menggelorakan semangat untuk berpartisipasi dalam transisi energi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari pelanggan Nasional yang dilaksanakan oleh PLN UP3 Palopo.

“Bapak Ibu mungkin saat ini sudah merasakan dampak dari kondisi cuaca yang tidak menentu. Hal ini disebabkan oleh pemanasan global diantara Efek gas rumah kaca, penggunaan bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi, Deforestasi/penggundulan hutan dan Fenomena El Nino. PLN juga saat ini telah melaksanakan transisi energi yaitu membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Pembangkit Listrik Tenaga Bayu yang ada di Sidrap dan Jeneponto dan masih banyak lagi.”Jelas Rathy.

Sementara itu, Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ade Chandra, mengaku bangga dan bersyukur atas setiap langkah dan upaya yang dilakukan oleh seluruh stakeholder dalam rangka pembangunan di Kota Palopo khususnya PLN UP3 Palopo.
“Dalam rangka percepatan perkembangan dan kemajuan Kota Palopo, kita telah menyaksikan bersama perkembangan kota ini sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru bagian utara wilayah Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Ade Chandra.

Ade menjelaskan, akselerasi ini juga ditunjang oleh adanya sejumlah kantor layanan Instansi vertikal pemerintah dan tumbuhnya investasi non pemerintah pada berbagai sektor, utamanya pendidikan.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat mendokrak roda perekonomian di Kota Palopo, terutama pelaku UMKM,” jelasnya.

Ke depannya, kata Ade, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menciptakan produk Kreatif Palopo untuk dipamerkan dalam upaya untuk menumbuh kembangkan, mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif yang ada di Kota Palopo.
“Akselerasi Kota Palopo dapat ditingkatkan ke depan, jika kerja keras konsistensi sinergi dan kolaborasi segenap stakeholder pembangunan di kota kita ini tetap terjaga,” katanya.

PLN, lanjut Ade, khususnya UP3 Palopo adalah bagian dari stakeholder yang merupakan mitra efektif dan potensi bagi pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Palopo.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Manajer UP3 PLN Palopo beserta jajarannya, atas kiprah kepada masyarakat Kota Palopo selama ini, serta kepada panitia penyelenggara dan peserta Expo dan lomba Superstar Dangdut se-Sulawesi Selatan.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta mendapatkan manfaat yang baik kepada kita semua,” tandasnya.

Dalam Expo yang diadakan selama 3 hari ini diikuti sejumlah Tenant diantaranya Pameran Keslitrikan, otomotif dan 50 Tenant UMKM. Pada Pameran Keslitrikan terdiri dari beberapa tenant diantaranya tenant Mobil listrik Wuling, Tenant peralatan listrik rumah tangga dan Tenant Motor/sepeda listrik. Antusiasi masyarakat tidak hanya berasal dari kota Palopo tetapi juga dari Luwu, Bone dan Bulukumba memadati lokasi acara Expo.

Bang Kumis, begitu sebutannya, salahsatu tenant UMKM yang menyediakan olahan minuman yang menggunakan mesin kopi listrik pada stand nya menyampaikan terima kasih kepada PLN UP3 Palopo karena berkat Expo ini penjualan minumannya meningkat.

“Saya berjualan Kopi selama 3 hari berturut - turut dalam PLN Expo ini alhamdulillah pengujung di Kedia saya banyak sekali sampai penuh terus. Terima kasih banyak PLN. Semoga acara seperti sering - sering diadakan.” Tandasnya.

Palopo Green Energy Expo 2024 ini selain menghadirkan pameran kelistrikan dan tenant UMKM, dirangkaikan juga dengan SuperStar Dangdut Session kedua setelah sukses diadakan tahun 2023 lalu.

Ketua Panitia Palopo Green Energy Expo 2024, Eri Setiawan, mengatakan, kegiatan ini dirangkaikan dengan lomba Super Star Dangdut 2.
“Peserta Superstar Dangdut 2 ini diikuti oleh 30 finalis dari berbagai wilayah di Sulsel seperti dari Makassar, Bulukumba, Wajo, Bone dan wilayah Luwu Raya,” kata Eri Setiawan.

Rathy Shinta Utami, manajer PLN UP3 Palopo mengatakan masyarakat Sulawesi sangat gemar dengan musik dan lagu Dangdut. Untuk itu supaya Expo ini juga berjalan lancar dan menarik banyak masyarakat untuk datang, kami adakan Superstar Dangdut 2. Ini juga dalam rangka menemukan anak - anak berbakat dalam bidang seni khususnya menyanyi dangdut. Ini terbukti dengan banyaknya pengunjung memadati lokasi acara Expo selama 3 hari ini dan sebagai Guest Star nya kami tampilkan Bakvdapa Band yang sudah sangat terkenal se-Kota Palopo, Luwu Raya sampai Toraja.

Semua Tenant kami dan Para peserta superstar Dangdut berpartisipasi dalam pembelian REC. Tidak tanggung - tanggung sejumlah 459 unit REC terjual. Tak Lupa juga kami siapkan Doorprize untuk seluruh masyarakat selama 3 hari full acara Expo ini.”Kata Rathy.

“Alhamdulillah, melihat sedemikian banyaknya masyarakat berdatangan ini juga meningkatkan penjualan dari tenant yang sudah kami hadirkan pada expo ini terutama para pelaku UMKM. Kami berharap setiap Tenant dan masyarakat mendukung PLN dan Pemerintah untuk menggunakan peralatan - peralatan listrik (non gas) dalam kehidupan sehari - hari untuk mencapai target Net Zero emision di tahun 2060.”Tutup Rathy.

Berikut Daftar Pemenang Superstar Dangdut 2
Juara 1 - Diva Ananda (Bulukumba) Rp 5 Juta
Juara 2 - Kayla (Kab. Luwu) Rp 3 Juta
Juara 3 - Zaskia (Kab. Luwu) Rp 2 juta
Juara harapan 1 - Arham Jaelani (Makassar) Rp 1 Juta
Juara harapan 2 - Andi Ichal Arsam (Malangke - Luwu Utara) Rp 750ribu
Juara harapan 3 - Linda Ashari (kab. Luwu) Rp 500ribu

Selamat Kepada Para Pemenang.(rls/idr)

  • Bagikan

Exit mobile version