Waspada Suhu Panas, Perbanyak Minum Air Putih

  • Bagikan
FOTO ILUSTRASI

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Berdasarkan pemantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa Indonesia mengalami suhu panas yang dipengaruhi oleh gerak semu matahari, Para pakar iklim menyimpulkan bahwa tren pemanasan global dan perubahan iklim yang terus terjadi hingga saat ini berkontribusi menjadikan gelombang panas semakin berpeluang menjadi lebih sering.
Hal ini menyebabkan potensi penyakit yang dapat menyerang masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugrah kepada Palopo Pos mengatakan, penyakit yang akan timbul pada kondisi suhu panas saat ini antara lain dehidrasi, Heatstroke dan iritasi kulit yang ditandai dengan kelelahan, kulit kering serta warna air kencing yang keruh.
Sakit kepala sebelah (migrain) akibat terpapar panas matahari ataupun terpapar polusi yang berlebihan.
Panas dalam akibat kondisi cuaca yang panas dan diperparah dengan asupan makanan yang kurang tepat seperti gorengan atau makanan pedas.

Demam tinggi akibat paparan sinar matahari, sehingga menyebabkan suhu tubuh meningkat.
Irsan mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap cuaca panas dan mengurangi aktivitas diluar ruangan serta mencegah dehidrasi dengan mengkonsumsi cukup air.
"Apabila mengalami gejala penyakit akibat cuaca panas segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat,'' pesannya, Senin 23 September 2024.

Untuk mengurangi dampak cuaca panas mengungkapkan hal-hal yang dapat dilakukan antara lain Minum air yang banyak jangan menunggu haus. Hindari ngkonsumsi minuman berkafein, minuman berenergi, alkohol, dan minuman manis. Selain itu hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung, gunakan topi atau payung. Memakai baju yang berbahan ringan dan longgar.
Juga hindari menggunakan baju berwarna gelap agar tidak menyerap panas, Sebisa mungkin berada di dalam ruangan atau berteduh diantara jam 11–15 siang.

Jangan meninggalkan siapapun di dalam kendaraan dalam kondisi parkir baik dengan jendela terbuka maupun tertutup. Gunakan sunscreen minimal 30 SPF pada kulit yang tidak tertutup oleh baju sebelum keluar rumah. Sediakan botol semprot air yang dingin di dalam kendaraan.
''Berbagai upaya diatas merupakan upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah dampak dari cuaca panas agar tubuh tetap sehat disaat cuaca panas melanda,'' tandasnya. (rhm)

  • Bagikan

Exit mobile version