Duel PSM vs Shan United Diwarnai Hujan Gol, Juku Eja Unggul 4-3

  • Bagikan

PSM Makassar merayakan kemenangan atas Shan United di ASEAN Club Championship 2024/2025. (Dok. PSM Makassar)

PALOPOPOS CO ID, BALIKPAPAN-- Duel alot dan sengit mewarnai pertandingan PSM Makassar Vs Shan United di matchday kedua ASEAN Club Championship 2024/2025.

Itu terlihat, selama pertandingan hujan gol terjadi. Dan, endingnya, Juku Eja menang 4-3. Berkat kemenangan tersebut, Laskar Ramang pun naik memimpin puncak klasemen sementara Grup A.

Tim Asuhan Bernardo Tavares yang menjamu sang tamu Shan United di Stadion Batakan, Balikpapan, Rabu (25/9/2024) malam, PSM tampil melempem meski sempat berhasil unggul lebih dulu.

Adapun keempat gol PSM Makassar berhasil dicetak oleh Nermin Haljeta di menit ke-31 dan Aloisio Neto di menit ke-35 di babak pertama. Dua gol tambahan di babak kedua di cetak oleh Latyr Fall di menit ke-48 dan Abdul Rahman di menit ke-90.

Sedangkan gol balasan dari Shan United diciptakan oleh Refrian Rintaro di menit ke-45+2 di babak pertama. Serta dua gol dari Mark Sekyi di menit ke-55 dan Bakayako di menit ke-66.

Saat kick off, PSM Makassar yang bertindak sebagai tim tuan rumah memang menguasai jalannya pertandingan. Namun sampai pertandingan memasuki menit ke-15, belum ada sama sekali peluang berbahaya yang berhasil tercipta.

PSM Makassar terus mengempur lini pertahanan dari tim Shan United. Namun, selalu patah di sepertiga lapangan permainan.

Peluang berbahaya pertama dari PSM hadir di menit ke-27. Dari kerja sama Latyr Fall dan Victor Luiz, namun sepakan keras masih bisa dimentahkan kiper lawan. Semenit berselang dua peluang berbahaya kembali diciptakan oleh PSM Makassar.

Yang pertama melaui Nermin Haljeta yang menerima umpan panjang, sepakan keras masih mampu ditepis. Kemudian bola crossing yang disundul Dethan masih melambung.

Pada menit ke-30, dua peluang emas diciptakan. Berawal dari crossing sepakan voli Dethan masih mampu di tepis. Bola kedua yang tepat di depan Dzaky Asraf gagal dieksekusi dengan sempurna.

Gol akhirnya tercipta untuk PSM di menit ke-31. Lewat kerja sama apik. Umpan dari Yuran Fernandes bisa diselesaikan dengan baik oleh Nermin Haljeta.

PSM Makassar kembali menggandakan keunggulannya di menit ke-35. Lagi-lagi asisst dari Yuran berhasil diselesaikan baik oleh Aloisio Neto yang berdiri bebas di depan garis gawang.

Shan United kemudian berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-45+2 melalui gol yang diciptakan oleh Efrain Rintaro.

Sampai peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan tidak ada gol yang tercipta skor 2-1 menutup jalannya babak pertama.

Masuk babak kedua, PSM Makassar langsung mengebrak dan berhasil menambah keunggulannya.

Di menit ke-48, tendangan sudut Victor Luiz disambut dengan heading tanpa hambatan oleh Latyr Fall.

Lagi-lagi Shan United berhasil memperkecil ketertinggalan. Di menit ke-55 sepakan keras dari Mark Sekyi membuat skor menjadi 3-2.

Di menit ke-61 Shan United hampir menyamakan kedudukan. Namun, sepakan keras dari Mark Sekyi masih mampu dihalau oleh Hilmansyah.

Pada menit ke-66 Shan United akhirnya berhasil menyamakan kedudukan setelah Bakayako lepas dari jebakan offside.

Keuntungan untuk PSM didapatkan di menit ke-75, wasit menunjuk titik putih usai Abdul Rahman dilanggar. Yuran Fernandes yang maju sebagai eksekutor gagal usai sepakannya membentur tiang gawang.

Yuran Fernandes mendapat peluang lewat sundulannya di menit ke-85. Sayang sundulannya masih di pelukan Pyae Phyo Thu.

PSM kembali mendapat peluang emas semenit berselang. Sayang tendangan Arham Darmawan meroket ke atas, meski sudah berada di dekat gawang Shan United.

Shan United nyaris berbalik unggul di menit ke-89. Beruntung tendangan M Bakayoko dapat ditepis Hilmansyah.

Abdul Rahman hadir sebagai penyelamat PSM lewat golnya menit ke-91. Sundulannya merobek gawang Shan United.

Sampai peluit panjang tanda berakhir laga dibunyikan, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 4-3 untuk kemenangan PSM Makassar.

Dengan hasil ini, untuk sementara mengantar PSM memimpin puncak klasemen Grup A ASEAN Club Championship 2024/2025 dengan 4 poin. Hanya saja, tim Laskar Ramang masih terancam tergeser sebab tim lainnya, Don A Thanh Hoa FC (3 poin), Svay Rieng FC (3 poin), dan BG Pathum United (1 poin) masih sementara bertanding di laga lainnya.(fajar/uce)

Susunan Pemain

PSM Makassar (3-5-2)

Hilmansyah; Syahrul Lasinari, Yuran Fernandes, Aloisio Neto; Dzaky Asraf (Rizky Eka Pratama 46'), Akbar Tanjung, Victor Dethan (Arham Darmawan 83'), Latyr Fall (Fahrul Aditia 83'), Victor Luiz; Ricky Pratama (Ricky Pratama 40'), Nermin Haljeta (Abdul Rahman 45+8)

Pelatih: Bernardo Tavares

Shan United (4-3-3)

Pyae Phyo Thu; Nanda Kyaw, Zwe Khant Min, Aung Wunna Soe (Ye Yint Aung 74'), Hein Phyo Win (W Nyakwe 58'), Zwe Htet Min; Zin Phyo Aung (M Sekyi 40'), Thet Hei Soe, Khun Kyaw Zin (M Bakayoko 57'); Efrain Rintaro, Sa Aung Pyae Ko (Kaung Myat Thu 74')

Pelatih: Hiroki Ono

  • Bagikan