Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Menurunkan Berat Badan, Mulai Minum Air, Meal Plan, Sampai Sarapan Sehat

  • Bagikan
Ilustrasi sarapan sehat, salah satu kebiasaan pagi untuk menurunkan berat badan. (Pexels)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ada beberapa orang yang memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, perlu adanya keinginan kuat dan juga komitmen dalam menjalankannya.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk bisa mengurangi berat badan adalah dengan mengubah pola hidup. Termasuk kebiasaan sehari-hari, kamu bisa merubah kebiasaan buruk jadi kebiasaan baik yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Apabila kebiasaan baik tersebut berlanjut, bukan tidak mungkin kamu mendapatkan tujuanmu yakni berat badan turun.

Tidak hanya itu, kamu juga mendapat bonus kebiasaan baik yang dibangun di bulan-bulan sebelumnya secara kontinyu.

Beberapa kebiasaan baik ini bisa kamu mulai lakukan untuk bisa ingin turun berat badan. Kamu bisa memulai dari kebiasaan yang menurutmu paling sederhana untuk bisa menurunkan berat badan.

Ada beberapa kebiasaan harian yang bisa kamu lakukan. Dilansir dari Web MD dan Healthline, berikut ini merupakan 7 kebiasaan di pagi hari yang bisa membantu menurunkan berat badan:

  1. Minum Air

Kebiasaan pertama pada pagi hari yang bisa membantu menurunkan berat badan adalah minum air. Dengan meminum sekitar dua gelas sebelum sarapan, kamu bisa merasa kenyang sehingga tidak makan sarapan yang terlalu besar.

Tidak hanya soal nafsu makan, beberapa gelas air juga dikatakan akan membantu metabolisme dalam membakar kalori. Kamu bisa mulai menerapkan kebiasaan minum air putih sebelum sarapan tiba.

  1. Olahraga

Kebiasaan selanjutnya yang tentunya bisa membantu menurunkan berat badan adalah dengan olahraga ringan di pagi hari. Ada beberapa orang yang menghabiskan paginya untuk jogging, bersepeda atau olahraga singkat sebelum pergi beraktivitas.

Hal ini tentu bisa mengurangi berat badan apabila dilakukan secara rutin di pagi hari. Terutama dengan keadaan perut kosong, kamu bisa menerapkan kebiasaan ini supaya sehat bugar dan jadi sehat dalam jangka panjang.

  1. Meal Plan

Tidak hanya kebiasaan diatas, kamu juga bisa melakukan meal plan atau perencanaan makan sehari di pagi hari. Hal ini ternyata bisa membantu mengurangi berat badan.

Apabila kamu ingin mengurangi berat badan, perencanaan makanan selama satu hari ketika paginya bisa membuatmu memilih makanan rendah kalori dan sehat. Berbeda dengan makanan yang baru kamu pilih ketika hendak makan, pemilihan bahkan proses memasak yang sudah dilakukan memudahkan kamu dalam makan asupan yang mengurangi berat badan.

  1. Berjemur

Kebiasaan selanjutnya yang juga bisa mengurangi berat badan adalah dengan berjemur. Kedengarannya tidak berhubungan, namun pergi keluar dan terkena paparan sinar matahari bisa membakar sedikit porsi dari lemak tubuh.

Berjalan keluar dan membiarkan diri terkena sinar matahari bisa membuatmu mendapatkan vitamin D, bergerak secara rutin serta membakar lemak dalam tubuh meski tidak banyak. Hal ini tentu dipengaruhi oleh jenis kulit dan berat badan seseorang.

  1. Mindful Eating

Kebiasaan yang mungkin tidak banyak dilakukan adalah dengan melakukan mindful eating. Yang dimaksud dengan mindful eating adalah dengan fokus makan secara tenang tanpa adanya distraksi dari ponsel atau TV.

Mindful eating berarti kamu makan dengan menikmati rasa,tekstur dna bersyukur atas makanan yang diberikan. Makan lebih lambat dan tenang bisa jadi kebiasaan makan yang sehat dan pada akhirnya mengurangi berat badan.

  1. Jalan Kaki

Kebiasaan selanjutnya yang mungkin tidak banyak orang lakukan adalah dengan jalan kaki di pagi hari. Ketika berangkat menuju kantor atau kampus, kamu mungkin akan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Dengan berjalan kaki, kamu bisa melewati dua pulau sekaligus. Kamu bisa sampai di tujuan sekaligus menurunkan berat badan dengan olahraga singkat. Apabila kamu melakukan kebiasaan ini dalam jangka waktu lama, berat badanmu bisa jadi turun dalam jumlah yang konsisten.

  1. Sarapan Sehat

Terakhir, mengatur isi dari sarapanmu adalah salah satu kebiasaan di pagi hari yang bisa membantu menurunkan berat badan. Ketika kamu sarapan, kamu bisa menyusun sarapan yang sehat dan tinggi protein demi menurunkan berat badan.

Dengan sarapan tinggi protein, kamu bisa kenyang lebih lama hingga waktu makan siang. Sarapan tinggi protein seperti daging dan telur bisa menekan hormon lapar pada diri manusia. Hal ini pada akhirnya membuat seseorang jadi turun berat badan.

Ketujuh poin diatas merupakan beberapa kebiasaan pagi yang bisa membantu menurunkan berat badan seseorang. Apabila kamu menerapkan berbagai kebiasaan di atas, kamu bisa saja turun berat badan tanpa sadar. (jp/pp/uce)

  • Bagikan

Exit mobile version