Rakor Bawaslu, Sering-sering Ngopi Bareng jika Ingin Pilkada Damai

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, TOMPOTIKKA-- Bawaslu Palopo mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Dengan Stakeholder
Pilgub/Pilwalkot 2024 di Enzym Cafe,
Kamis, 26 September 2024 malam.

Rakor dibuka Ketua Bawaslu Palopo, Khaerana SE MM dan menghadirkan Ibrahim Umar SKom MKom, anggota Bawaslu Lutra 2018-2023 sebagai narasumber.

Juga hadir unsur Forkopimda Palopo (Kasi Pidum Kejari, Kasat Reskrim Polres, Danramil Wara), Ketua KPU Palopo Irwandi Djumadin, Kabid Satpol-PP Salamuddin, Amiruddin dari Kesbangpol.

Serta pimpinan Parpol seperti Sapar Sampetan (Gerindra), Islamuddin (Demokrat), Samil Ilyas dan Resky Mahendra (Golkar), Rian Maming (Hanura), PSI, Perindo, dan sejumlah aktivis.

Pantauan Palopo Pos, salah satu ending dari Rakor ini, stakeholder terkait diharapkan sering-sering ngopi bareng atau diskusi jika ingin mewujudkan Pilkada damai dan aman. Melalui ngopi bareng, permasalahan yang muncul bisa 'cair' dan memahami duduk persoalannya.

Selain itu, wasit dan hakim garis dalam hal ini, KPU dan Bawaslu harus fair play atau tegak lurus menjalankan aturan.

"Jika wasit tak netral, pemain dan penonton akan ribut," terang Amiruddin dari Badan Kesbangpol Palopo pada sesi tanya jawab Rakor

Hal senada dilontarkan Danramil Wara. Dalam pertandingan sepak bola, penonton kacau karena wasit. Disamping itu, pemain harus siap kalah siap menang.

Kasi Pidum Kejari Palopopun demikian. Menurutnya, semua tergantung wasit dan hakim garis.

"Kita di Kejari, perintah pimpinan, harus tegak lurus. Komitmen di Gakkumdu, tidak neko-neko, apakah administrasi atau pidana. Jalan sesuai aturan, " terangnya.

Ketua Bawaslu dalam closing statemennya, menyambut baik wacana tersebut. Semoga selalu ngopi bareng, diskusi seperti ini.

"Insha Allah, kami patuh dan tegak lurus pada aturan. Tunduk pada regulasi, tegakkan keadilan Pemilu," terangnya menutup acara. (ikh)

  • Bagikan

Exit mobile version