Paslon Pilkada Tana Toraja Deklarasikan Pilkada Damai Digelar KPU dan Polres

  • Bagikan

Deklarasi Kampanye Damai Paslon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja tahun 2024 yang digelar KPU dan Polres Tana Toraja di Gedung Tammuan Mali Kecamatan Makale, Jumat (27/9/2024). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Deklarasi Kampanye Damai Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja tahun 2024 digelar di Gedung Tammuan Mali Kecamatan Makale.

Kapolres Tana Toraja, AKBP Malpa Malacoppo turut menghadiri acara deklarasi tersebut yang diadakan oleh KPU bekerjasama Polres Tana Toraja.

Pada kesempatan itu, Malpa Malacoppo dalam sambutannya menjelaskan secara singkat situasi dan kondisi daerah secara umum dalam keadaan aman dan kondusif.

Namun, menurutnya kondisi geografis dan sejarah Pilkada di Kabupaten Tana Toraja termasuk kategori rawan yang dapat dilihat dari dua sisi.

“Pertama sejarah konflik pernah terjadi disini (Tana Toraja) dan itu tercatat baik di Polri serta instansi terkait, karenanya itu harapan kita semua pastinya kejadian serupa tidak terjadi kembali,” harap Malpa, Jumat (27/9/2024).

Selanjutnya, sisi kedua yaitu karakteristik geografis termasuk daerah rawan bencana alam.

“Tentunya kedua bidang itu kita semua harus berusaha bekerjasama sehingga kerawanan-kerawanan Pilkada di tahun 2024 ini hilang,” harapnya.

Dikatakan AKBP Malpa bahwa, pihaknya bersama unsur pengamanan dari intitusi dan pemerintah bersinergi bersama seluruh elemen masyarakat yang selalu berusaha maksimal agar kerawanan tahapan pemilihan bisa dihilangkan.

“Termasuk kepada rekan-rekan media di Toraja untuk menggelorakan Pilkada Serentak 2024 yang aman, damai, sejuk, senang dan gembira di media,” pungkasnya.

Malpa Malacoppo sekaligus membeberkan tujuannya bertugas untuk Kabupaten Tana Toraja agar senantiasa aman dan damai.

“Kalau anda cinta Tana Toraja, ayo kita bersama-sama menjaga daerah ini selalu aman dan damai,” tutupnya.

Turut hadir Kepala Kesbangpol Tana Toraja mewakili pemerintah daerah, Pabung Kodim 1414 Tana Toraja, Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Wakil Ketua DPRD Tana Toraja serta pimpinan OPD/dinas terkait, Komisioner KPU dan Bawaslu, para Camat, jajaran Kapolsek, Paslon Bupati dan Wakil Bupati, partai pengusung serta pendukung.

Deklarasi ditutup dengan aksi penandatanganan Pakta Integritas Deklarasi Kampanye Damai oleh masing-masing Paslon disaksikan berbagai pihak dan dilakukan foto bersama.

Kesepakatan dalam deklarasi merupakan bukti komitmen bersama menciptakan Pilkada Serentak 2024 yang sukses, demokratis dan penuh integritas.

Forum mengharapkan selama proses Pilkada di Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan berjalan aman, damai, sejuk, senang dan gembira. (Risna)

  • Bagikan