Dialog FKUB Tana Toraja Bersama Kepala Kemenag Sulsel Wujudkan Pilkada Damai

  • Bagikan

Pertemuan FKUB sekaligus dialog yang digelar Kantor Kementrian Agama Tana Toraja yang dihadiri oleh Kepala Kemenag Sulsel, H Muh. Tonang di Kecamatan Makale, Sabtu (28/9/2024). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Kepolisian Resor (Polres) Tana Toraja mengikuti kegiatan pertemuan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) di kantor Kementrian Agama (Kemenag) Tana Toraja di Kecamatan Makale.

Kegiatan dikemas dialog itu bertajuk tema ‘Menyebar Kesejukan Melalui Moderasi Beragama Dalam Mewujudkan Pilkada Damai’ dihadiri langsung Kepala Kantor Kemenag Sulawesi Selatan, H. Muh Tonang, Sabtu (28/9/2024).

Kegiatan dilaksanakan juga bagian dalam rangka meningkatkan sinergitas dan mewujudkan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif jelang hari H pemungutan suara pada Pilkada Serentak tahun 2024.

Dihadiri segenap pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Polres Tana Toraja, Pemkab Tana Toraja serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Muh. Tonang pada sambutannya menyoroti penting mengedepankan politik kebangsaan dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada pada bulan November mendatang.

“Politik kebangsaan adalah praktik politik mengedepankan kepentingan bersama demi perdamaian dan kemanusiaan, maka jangan lakukan politik identitas dan politik SARA jika ingin Pilkada berlangsung damai,” ucapnya.

Lanjut Tonang, berdialog itu penting untuk membangun kesepahaman demi menjaga keutuhan NKRI dari potensi perpecahan karena perbedaan pilihan pada gelaran pesta demokrasi.

“Kita semua sepaham bahwa agama diturunkan untuk kedamaian manusia dan menjaga hubungan baik antara umat manusia, olehnya itu peran tokoh agama sangat diharapkan dalam mengajak umat agar turut menjaga suasana kondusif selama pelaksanaan Pilkada,” imbuhnya.

Ia berpesan untuk menghargai perbedaan pilihan pada Pilkada nanti maka mangan berkonflik antar sesama.

“Jangan karena beda pilihan sehingga kita berkonflik. Mari kita sama-sama sukseskan Pilkada, siapapun terpilih itu adalah pilihan rakyat yang harus kita hormati dan dukung bersama,” tutupnya.

Ditambahkan Kapolres Tana Toraja, AKBP Malpa Malacoppo pertemuan dialog tersebut juga dalam rangka meningkatkan tali silaturahmi, kebersamaan, bangun komunikasi dan sinergritas guna membangun komitmen bersama mewujudkan Pilkada Tana Toraja menjadi aman dan kondusif.

“Tujuan saya untuk Tana Toraja senantiasa aman dan damai, kalau kita cinta Toraja, ayo kita bersama-sama menjaga daerah ini selalu aman dan damai,” ajaknya.

Pada kesempatan itu, kepolisian membahas tentang dukungan berupa sinergitas dalam menjaga stabilitas Kamtibmas selama tahapan Pilkada berlangsung.

Juga mengenai tentang toleransi dengan latar belakang agama yang berbeda-beda namun tetap hidup rukun berdampingan. (Ris)

  • Bagikan