Dikenal Berasal dari Lingkungan Pedagang, Program UMKM Ibas-Puspa Dinilai Bukan Pencitraan

  • Bagikan

PALOPOPOS CO.ID, MALILI-- Ada yang menarik saat Calon Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam berkunjung ke Pasar Tradisional Malili, Minggu (29/9). Sejumlah pedagang mengaku mengenal baik sosok Ibas, sapaan akrab Irwan sebagai bagian dari orang yang berasal dari lingkungan pedagang.

Salah seorang pedagang, Ramang mengaku sudah mengenal lama Ibas yang tumbuh dan besar di lingkungan pedagang. "Saya kenal baik pak Ibas ini, jauh sebelum dia jadi pejabat. Beliau (Ibas) sama dengan kami sebagai pedagang di Pasar, tapi dia di Wasuponda dulu," kenang Ramang.

"Orang tuanya dulu berdagang di Pasar Wasuponda, sementara pak Ibas sopir pete-pete yang mengantar dagangan pedagang dari Wasuponda ke Towuti," ujar Ramang.

Dia pun yakin, sejumlah program terkait pengembangan UMKM yang ditawarkan Ibas untuk maju di Pilkada Luwu Timur bukanlah sekedar pencitraan belaka. "Kalau dilihat dari latar belakangnya yang berasla dari lingkungan pedagang, saya kira ini bukan lah pencitraan bagi beliau," sambungnya lagi.

Dia mengaku bersyukur atas program tersebut dan berharap Ibas-Puspa dapat memenangkan pertarungan. Sebab ia yakin dengan kepribadian Ibas-Puspa, program yang dicanangkan bisa dilaksanakan.

Untuk diketahui, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam – Puspawati Husler (Ibas-Puspa) menawarkan berbagai program pro rakyat untuk masyarakat Luwu Timur.

Diantara program pro rakyat Ibas-Puspa adalah bantuan modal usaha sampai Rp50 juta bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kemudian juga Ibas-Puspa akan menyiapkan Layanan Perizinan Usaha dan Sertifikasi Halal Gratis bagi UMKM, dan bantuan teknologi untuk usaha rumahan.

Ibas menjelaskan, bantuan tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mendorong pelaku UMKM bisa terus berkembang dan naik kelas.

Program tersebut disambut baik para pedagang di Pasar Malili. Saat Ibas singgah di pasar tradisional tersebut, para pedagang dan warga langsung berkerumun, Minggu 29 September 2024.

Banyak pedagang dan warga berebut berpose bersama Ibas, dan menyampaikan terimakasih atas program pro UMKM yang ditawarkan Ibas-Puspa.

Berikut sejumlah program pro UMKM yang ditawarkan paslon Ibas-Puspa:

  1. Bengkel usaha komunitas di setiap kecamatan
  2. Bantuan modal sampai dengan Rp50 juta
  3. Pendampingan berkelanjutan (layanan konsultasi usaha gratis produksi, manajemen dan Pemasaran)
  4. Lutim Mart (menghimpun produk-produk UMKM)
  5. Memperluas akses pasar dengan membangun kemitraan dengan pihak swasta di dalam dan luar daerah
  6. Layanan perizinan usaha dan sertifikasi halal gratis bagi umkm
  7. Menciptakan enterpreneur 1000 orang per tahun
  8. Bantuan teknologi untuk usaha rumahan
  9. Camp Enterpreneur Muda Setiap Tahunnya
  10. Pelatihan Kewirausahaan Secara Berjenjang Mendalam dan Komprehensip
  11. Menyelenggarakan festival tahunan/ promosi event daerah
  12. Membangun SDM pariwisata
  13. Akses mudah dan layanan jaminan kredit bagi petani
  14. Pembangunan pasar agro
  15. Gerakan pro produk lokal (pengadaan barang pemerintah daerah berbasis produk lokal
  16. Bantuan Teknologi Untuk Usaha Rumahan
  17. Pembangunan fasilitas publik, pengembangan jalan, sarana UMKM di lokasi wisata
  18. Pembangunan Sentra Pemasaran dan Promosi Kerajinan Rakyat (promosi wisata minat khusus). (rachmy yusuf)
  • Bagikan

Exit mobile version