Meriahkan Maulid, 14 Bunga Male Hiasi Masjid Besar At Taqwa Desa Solo, Lutim

  • Bagikan

Netizen Reporter;
Nur Ulfa

(Mahasiswa KKN-R IAIN Palopo Desa Tawakua)

PALOPOPOS. CO. ID, LUTIM-- Masih dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 25 Rabiul Awal 1446 H. Kegiatan ini digelar secara meriah dari berbagai desa di Masjid Besar At Taqwa, Desa Solo, Kecamatan Angkona, Lutim, dengan tema “Menanamkan Keteladanan Nabi SAW demi Mencapai Tujuan Dunia Akhirat”, Sabtu, 28/9/2024.

Maulid Nabi diramaikan dengan 14 bunga male, ada yang berbentuk masjid, kapal, dan lainnya.

Dan hikmah maulid dibawakan oleh Ustadz Muhammad Syabli, S.Pd.I., serta pembacaan ayat suci Al-Qur'an, Abd. Rahman dan Nurul Fitri (Mahasiswa KKN-R Desa Solo).

Nampak pula hadir Camat Angkona Putu Gede Sudarsana SKM MKes, Kepala Desa Solo Siswadi SAg, Thmjr Masjid, PHBI Desa Solo, Ketua BKMT Kec. Angkona, Kepala KUA Kec. Angkona beserta jajarannya, Ketua BPD Desa Solo, tokoh agama dan tokoh masyarakat, para Ketua BKMT Permata dan ibu Majelis Taklim se-Kec. Angkona, mahasiswa KKN Reguler IAIN Palopo 2024, serta yang lainnya.

Siswadi Sag (Kades Solo) dalam sambutannya menyampaikan, bersyukur kepada Nabi Muhammad saw yang menjadi contoh di dalam kehidupan kita sehari-hari dan berbagai acara digelar untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang dikenal sebagai sosok pembawa ajaran Islam.

Ia juga menyampaikan tentang cuaca khususnya di Kec. Angkona yang terjadi kemarau berkepanjangan kurang lebih 1 bulan ini. “Jadi saya himbau kepada masyarakat khususnya Desa Solo agar tidak melakukan pembakaran sembarangan di sekitar kita," katanya.

Kemudian Ia juga menyinggung sekaitan dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan wakil Bupati khususnya di Kab. Luwu Timur, “mengajak masyarakat semua mari kita sukseskan pemilihan Bupati dan wakil Bupati di Kabupaten Luwu Timur.

Sebagai wakil pemerintah saya mengajak kepada kita semua mari kita pintar-pintar dalam menentukan pilihan, mari pergunakan tempat suci ini untuk melakukan ibadah, kita bershalawat, untuk membawa bimbingan, pemimpin mana yang akan kita pilih kedepan yang akan membawa keadilan dan kebenaran, yang akan membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat serta membawa perubahan”.

Sementara Ustadz Muhammad Syabli, S.Pd.I., dalam ceramahnya, menyampaikan hikmah maulid nabi Muhammad saw.

Ust. Muhammad Syabli juga menyampaikan Sungguh pada diri baginda Rasulullah saw adalah suri tauladan yang baik bagi kita semua, pada diri baginda Rasulullah saw cukup itu untuk kita di dunia, apapun jabatan kita, semua ada pada diri baginda Rasulullah saw, maka itu perlu kita kenal kelahiran beliau, kita renungkan ajaran dari baginda Rasulullah saw.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw ini dirangkaikan dengan lomba bunga male yang diikuti oleh ibu-ibu Majelis Taklim dan intansi sekolah.

Terakhir pembacaan do'a oleh saudara Muh. Algifari (Mahasiswa KKN-R Desa Solo). (rls/ikh)

  • Bagikan