Lima Polisi Cakep Kawal Calon Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BOTING-- Lima orang Polisi laki-laki (Polki) yang mendapat surat perintah (Sprint) khusus dari Kapolres Palopo untuk mengawal Calon Wali Kota maupun Wakil Wali Kota Palopo. Cakep-cakep lho.

Mereka adalah Briptu Ahiruddin Said, Brigpol Ardiansyah, Briptu Irman Iskandar, Briptu Giovandi Randa Bunga, dan Bripda Rahmat Hidayat Bahar. Semuanya paham dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengawalan atau pengamanan.

Yuk, mengenal satu persatu sosok personil ini dan tugas masing-masing sebagai anggota Polri.

Informasi yang diperoleh Palopo Pos sejak Kamis, 26 September 2024 lalu, Briptu Ahiruddin Said, adalah anggota Polres Palopo, bertugas sebagai BA SATINTELKAM. Dia ditugaskan untuk mengawal Calon Wakil Wali Kota nomor urut 1, Haidir Basir (HB).

Bertugas pada fungsi Intelkam, polisi bujang ini, tentu sangat bisa diandalkan dalam mendapat setiap informasi, cara mengatasi setiap permasalahan. Dan tentunya sosok yang bertugas pada fungsi ini dituntut respon cepat dalam setiap isu atau permasalahan di sekitarnya.

Berikutnya, Brigpol Ardiansyah. Sehari-harinya bertugas sebagai BAURPAMINAL SIPROPAM yang melakukan pengawasan, menindak, dan memproses oknum polisi yang lakukan pelanggaran. Dia mendapat tugas mengawal Calon Wali Kota nomor urut 2, Farid Kasim Judas (FKJ).

Soal pengawasan, pengamanan dan penindakan, Brigpol Ardiansyah juga tidak diragukan lagi. Karena sebelum bertugas pada fungsi PAMINAL SIPROPAM, dia juga pernah bertugas pada Reskrim sebagai penyidik Pidana Umum (Pidum). Dan telah banyak menuntaskan kasus, mulai dari kasus penganiayaan hingga pembunuhan.

Kasus berat yang pernah ditangani hingga tuntas, yakni tiga kasus pembunuhan, mulai tahun 2021- 2023. Meski banyak tekanan, itu bisa dilewati dan mendapat apresiasi dari pimpinan sebagai anggota yang rajin, ulet, dan bertanggung jawab atas tugasnya. Karena tuntas dalam setiap tugasnya, sehingga mendapat promosi bergabung pada fungsi yang memakai baret biru.

Lalu Briptu Irman Iskandar. Polisi ini bergabung pada fungsi BA SAT RESNARKOBA. Dia ditugaskan mengawal Calon Wali Kota nomor urut 3, Rahmat Masri Bandaso (RMB). Menangkap, mengawal, dan mengamankan di setiap situasi. Tentunya bukan hal baru bagi personil ini.

Kemudian, Briptu Giovandi Randa Bunga sehari-hari bertugas sebagai penyidik pembantu di unit PPA Satreskrim. Dia mendapat tugas mengawal Calon Wali Kota nomor urut 4, Trisal Tahir (TT).

Polisi berjanggut ini, dalam kesehariannya memang terlihat santai. Tapi soal menjalankan tugas dan tanggung jawab, itu selalu dituntaskan tanpa masalah.

Mengenai kesiapan menjalankan tugas pengawalan melekat ke Paslon, kata Gio, saat ditemui beberapa waktu lalu, tentu akan berusaha semaksimal mungkin.

Untuk diketahui, Giovandi ini bergabung dengan kepolisian pada tahun 2017. Dan penempatan pertamanya di Polres Majene, Polda Sulbar. Kemudian pada tahun 2023, mutasi ke Polres Palopo Polda Sulsel pada Reskrim Unit PPA.

Terakhir, Bripda Rahmat Hidayat Bahar. Dia ditugaskan mengawal Calon Wakil Wali Kota nomor urut 4, Akhmad Syarifuddin Daud (Ome).

Rahmat, sapaan akrab polisi muda ini, bertugas di Unit Resmob Satreskrim. Sudah banyak pelaku kejahatan yang ditangkap bersama timnya. Penangkapan yang kerap kali diikutinya, itu kadang keluar Provinsi Sulawesi Selatan.

Meski terbilang remaja, namun namanya sudah banyak dikenal terkhusus para pelaku kejahatan. Apalagi kalau mendengar nama Tim Piton, pastinya akan membuat setiap orang berpikir keras untuk melakukan kejahatan.

Kelima Polisi ini, menguasai bela diri Polri. Dan untuk tugas yang akan dijalankan, kelimanya senada, telah siap semaksimal mungkin. Baik dari segi fisik dan mental. Semua telah dipersiapkan.

"Kita yang diberi tugas khusus pengawalan ini. Pastinya sudah siap. Dan nama yang dilibatkan, itu semua tahu dan paham SOP pengamanan atau pengawalan," ucapnya. (ria/ikh)

  • Bagikan